Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Penggunaan Data Internet Telkomsel Indonesia Timur Melonjak

Moelky menjelaskan bahwa kenaikan dipicu oleh tumbuhnya layanan sistem belajar berbasis daring (e-learning). Lonjakan ini mencapai 161,7 persen.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 27 Maret 2020  |  17:50 WIB
Telkomsel - Istimewa
Telkomsel - Istimewa

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Pemerintah meminta agar kegiatan belajar dan bekerja dilalukan di rumah. Ini untuk memutus penyebaran pandemi Covid-19 atau virus Corona.

Ini membuat penggunaan jaringan data internet meningkat. Vice President Network Operation and Quality Management Telkomsel Area Papua Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan (Pamasuka), Moelky Furqan mengatakan bahwa perusahaannya berupa menyediakan layanan berkualitas dan memastikan seluruh infrastruktur jaringan beroperasi optimal guna menjamin kenyamanan berkomunikasi.

Di area Pamasuka, pengamanan jaringan terutama difokuskan di 645 perumahan. Selain itu juga di titik posko penanggulangan Corona seperti di 143 rumah sakit dan kantor pemerintahan terkait. Untuk menangisi beban berlebih, dilakukan penambahan 5700 BTS baru dan memperbaru kapasitas jaringan.

“Sejak diberlakukannya imbauan belajar dan bekerja dari rumah, Telkomsel area Pamasuka mencatat terjadi lonjakan trafik komunikasi peak payload layanan berbasis data dan digital hingga 10,7 persen Pamasuka dibandingkan periode sebelum diberlakukannya himbauan tersebut. Sedangkan, untuk layanan voice dan SMS cenderung stabil dibandingkan periode yang sama,” katanya melalui konferensi video, Jumat (27/3/2020).

Moelky menjelaskan bahwa kenaikan dipicu oleh tumbuhnya layanan sistem belajar berbasis daring (e-learning). Lonjakan ini mencapai 161,7 persen.

Sementara permainan di telepon 22,9 persen dan pesan instan 5.4 persen. Sedangkan trafik lainnya yang meningkat antara lain pemanfaatan layanan berbagi dokumen 4,88 persen dan layanan gaya hidup 0,5 persen.

“Sedangkan, untuk wilayah operasional Telkomsel Area Pamasuka mengkontribusi kenaikan peak payload secara keseluruhan terbesar yaitu regional Sulawesi 13,1 persen, regional Papua Maluku 10,3 persen dan regional Kalimantan 7,8 persen,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkomsel
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top