Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasien Sembuh Covid-19 di Penajam Paser Utara Bertambah 5 Orang

Jumlah pasien sembuh dari Covid-19 terus memperlihatkan penambahan. Di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimatan Timur, jumlah pasiem sembuh menjadi 8 orang setelah hari ini dilaporkan 5 orang sembuh dari Covid-19.
Abdul Gafur Mas'ud, Bupati Penajam Paser Utara (tengah depan)./Bisnis-Jaffry Prabu Prakoso
Abdul Gafur Mas'ud, Bupati Penajam Paser Utara (tengah depan)./Bisnis-Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis.com, PENAJAM - Jumlah pasien sembuh dari Covid-19 terus memperlihatkan penambahan. Di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimatan Timur, jumlah pasiem sembuh menjadi 8 orang setelah hari ini dilaporkan 5 orang sembuh dari Covid-19.

"Hal ini menjadi kabar gembira sekaligus penyemangat bagi semua dalam menghadapi pandemi Covid-19," kata Bupati PPU Abdul Gafur Mas’ud (AGM) di Penajam, Kamis (14/5/2020).

Berdasarkan hasil pemeriksaan PCR pada Minggu (10/5), dari 14 pasien yang terkonfirmasi Covid-19, sebanyak lima orang dinyatakan sembuh.

Kelima pasien yang sebelumnya positif mengidap virus Corona dan dinyatakan sembuh itu adalah pasien 03 dan 05, dari Desa Girimukti Strat 1 di Kecamatan Penajam, kemudian pasien 12 dari Kelurahan Nipah-Nipah yang juga di Kecamatan Penajam.

Selanjutnya pasien 06 berasal dari Desa Labangka di Kecamatan Babulu, dan pasien 10 dari Desa Babulu Darat yang juga berada di wilayah Kecamatan Babulu.

AGM mengatakan pasien 03, 05, 06, dan pasien 10 sudah dirawat dan menjalani isolasi di RSUD Ratu Aji Putri Botung PPU sejak 2 April.

Sedangkan pasien 12 melakukan perawatan dan karantina mandiri di rumahnya dengan pengawasan dari Puskesmas Penajam, ditambah pengawasan dari unsur pemerintahan setempat sejak 24 Maret.

Di sisi lain, Gafur juga menyampaikan terdapat dua pasien lagi yang terkonfirmasi positif Covid-19, yakni pasien 17 dan pasien 18. Keduanya berasal dari Desa Labangka, Kecamatan Babulu yang merupakan Kluster Gowa.

Untuk pasien 17 dan pasien 18, tuturnya, mulai diambil swab tanggal 24 dan 25 April dengan hasil konfirmasi positif. Pasien 17 keluar hasilnya pada Kamis (7/5), sedangkan pasien 18 terkonfirmasi positif pada Senin (11/5).

Terhadap kedua pasien tersebut langsung dilakukan tindakan lebih lanjut untuk mengantisipasi terjadinya kontak dengan orang lain. Saat ini kedua pasien itu telah dirawat intensif di ruang isolasi RSUD Ratu Aji Putri Botung, Penajam, PPU.

"Berdasarkan informasi data terakhir, kami sampaikan bahwa jumlah kasus Covid-19 di PPU berjumlah 18 orang, dengan perincian 10 orang positif masih dalam pengobatan dan 8 orang lainnya dinyatakan sembuh," ucap AGM.

Semua pasien dinyatakan sembuh setelah hasil laboratorium BBLK Surabaya menunjukkan dua kali hasil negatif, kemudian hasil pemeriksaan klinis dari dokter penanggung jawab pelayanan yang merawat menyatakan pasien secara klinis memiliki kondisi baik dan tidak ada gejala.

Dalam kesempatan itu AGM kembali mengingatkan, kedisiplinan dan kesadaran kolektif mematuhi protokol kesehatan merupakan kunci utama menghadapi pandemi ini. Ia mengajak masyarakat untuk bersama-sama mencegah Corona dan tidak memberikan stigma negatif terhadap penderita, serta berkarya dari rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler