Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kaltim Optimalisasi Perkebunan Berkelanjutan Rendah Emisi

Provinsi Kalimantan Timur berupaya untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam membangun perkebunan berkelanjutan yang rendah emisi sesuai visi misi Gubernur.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 17 Juni 2020  |  06:23 WIB
Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor hadir menyampaikan pidato pada acara yang bertema Balikpapan Nyaman Penyangga Ibu Kota Negara., dalam rangka HUT ke-123 Kota Balikpapan, Senin (10/2/2020). JIBI - Bisnis/Jaffry Prabu Prakoso.
Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor hadir menyampaikan pidato pada acara yang bertema Balikpapan Nyaman Penyangga Ibu Kota Negara., dalam rangka HUT ke-123 Kota Balikpapan, Senin (10/2/2020). JIBI - Bisnis/Jaffry Prabu Prakoso.

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Demi mendukung visi misi Gubernur Kalimantan Timur, kerja sama antarpihak sangat penting dan dibutuhkan. Sinergi tersebut harus dilakukan dengan inovatif dan kreatif.

Kepala Dinas Perkebunan Kalimantan Timur (Kaltim) Ujang Rachmad mengatakan upaya yang ditempuh salah satunya dengan membangun perkebunan berkelanjutan yang rendah emisi.

“Kerja sama ataupun kolaborasi kita bersama berbagai pihak guna optimalisasi sumber daya yang ada sehingga program dan kegiatan yang ditargetkan lebih mudah diwujudkan. Sebab sesuatu itu akan mudah dicapai kalau dikerjakan secara bersama-sama,” katanya melalui situs resmi Kaltim, Selasa (16/6/2020).

Ujang menjelaskan bahwa luasan lahan potensial untuk kegiatan usaha subsektor perkebunan mencapai 3,26 juta hektar. Ini setara dengan 25 persen dari luas daratan Kaltim.

Sedangkan total luas realisasi tanam untuk seluruh komoditas perkebunan mencapai 1,38 juta hektar.

Jumlah tersebut terdiri atas komoditas kelapa sawit seluas 972.522 hektar. Sisanya sekitar 415.850 hektar untuk berbagai komoditas perkebunan.

“Hingga saat ini masih terdapat perusahaan pemegang ijin lokasi sebanyak 380 ijin dengan luas 2,82 hektar, pemegang ijin usaha perkebunan 336 ijin seluas 2,55 hektar, dan hak guna usaha 204 ijin seluas 1,19,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perkebunan kalimantan timur
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top