Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Landasan Pacu Bandara Tanjung Harapan Dikembangkan hingga 2.500 Meter

APBD Kaltara 2020 menganggarkan Rp17 miliar untuk pembebasan lahan perpanjangan runway Bandara Tanjung Harapan 8 hektare.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 21 Agustus 2020  |  15:04 WIB
Ilustrasi. - JIBI/Rachman
Ilustrasi. - JIBI/Rachman

Bisnis.com, TANJUNG SELOR - Pengembangan Bandar Udara (Bandara) Tanjung Harapan sebagai pintu gerbang ibu kota Kalimantan (Utara), di Tanjung Selor terus dilakukan, dengan memperpanjang landasan pacu (runway) hingga mencapa 2.500 meter.

"Hal itu sesuai rencana induk pembangunan Kaltara, Bandara Tanjung Harapan akan dikembangkan hingga landasan pacunya mencapai 2.500 meter," kata Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie di Tanjung Selor, Jumat (21/8/2020).

Bangunan terminal dalam pengembangan dipindahkan ke sebelah Timur landasan pacu dari titik saat ini di sebelah Barat landasan pacu.

Tahapannya, pada tahun ini adalah pengembangan pada lampu pada penerangan landasan pacu, apron atau pelataran pesawat dan pagar pembatas area bandara.

Nilainya hampir Rp 1 miliar (pasca rasionalisasi), bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2020.

Selain itu, melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltara 2020 dianggarkan Rp17 miliar untuk pembebasan lahan perpanjangan runway Bandara Tanjung Harapan 8 hektare.

"Tahapannya, kini masih dalam proses untuk pembebasannya," kata Irianto yang didampingi Kepala Dishub Kaltara Taupan Madjid.

Secara bertahap akan dilakukan ganti rugi lahan hanya bagi yang tidak bermasalah atau sangketa.

Dishub Kaltara pada 2020 fokus pada pembebasan lahan di dalam pagar bandara sekitar 8 hektare.

Luas lahan bandara yang dibutuhkan kurang lebih 229 hektare. Lahan yang telah dibebaskan oleh Pemprov seluas kurang lebih 16 hektare.

Diharapkan dengan anggaran itu, semua lahan yang perlu dibebaskan dapat terakomodir semuanya. Namun, ia menyebutkan lahan yang dapat dibayar ganti ruginya adalah yang bebas sengketa lahan.

Pihaknya tidak membayar lahan bersangketa dan mengimbau agar pemilik lahan untuk segera menyelesaikan proses sengketanya.

Bandara Tanjung Harapan 2014 hanta memiliki landasan pacu 1.200 meter, sedangkan kini Bandara Tanjung Harapan memiliki panjang landasan 1.600 X 30 meter dengan kondisi aspal dan didarati pesawat jenis ATR-72.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penerbangan kaltara

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top