Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bank Indonesia Balikpapan Sinergi dengan Pemkot Balikpapan Dorong Elektronifikasi Keuangan Daerah Melalui E-Retribusi Pasar

E-Retribusi Pasar adalah inovasi berupa kanal pembayaran non tunai untuk retribusi di lingkungan pasar Kota Balikpapan.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 05 Oktober 2020  |  09:52 WIB
Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi (paling kanan) bersama dengan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan Bimo Epyanto saat launching Program Pengelolaan Pasar Beriman Laris Pasar.  - JIBI/Istimewa
Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi (paling kanan) bersama dengan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan Bimo Epyanto saat launching Program Pengelolaan Pasar Beriman Laris Pasar. - JIBI/Istimewa

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Bank Indonesia Balikpapan bersama Pemerintah Kota Balikpapan bersinergi untuk memperluas Elektronifikasi Transaksi Pemerintah melalui Elektronifikasi Retribusi (E-Retribusi) sebagai bagian dari Program Pengelolaan Pasar Beriman (Laris Pasar) yang diluncurkan pada Sabtu (3/10/2020) di Aula Pemerintah Kota Balikpapan.  

E-Retribusi Pasar adalah inovasi berupa kanal pembayaran non tunai untuk retribusi di lingkungan pasar Kota Balikpapan.

E-Retribusi Pasar saat ini melibatkan BPD Kaltim Kaltara sebagai bank yang ditunjuk sebagai channel pembayaran untuk retribusi pada 6 (Enam) pasar di Balikpapan yaitu Pasar Klandasan, Pasar Sepinggan, Pasar Pandansari, Pasar Kampung Baru, Pasar Kebun Sayur dan Pasar Damai BP.

Dalam sambutanya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan Bimo Epyant menyampaikan perlunya program inovasi dan perluasan elektronifikasi selama masa pandemi Covid-19. Elektronifikasi transaksi keuangan merupakan upaya untuk mengubah cara bertransaksi di masyarakat menjadi lebih aman dan efisien.

Oleh karena itu, implementasi elektronifikasi transaksi keuangan di lingkungan pemerintah daerah sangat diperlukan, terutama pada bagian pendapatan yang saat ini diwujudkan melalui program E-Retribusi Pasar.

“Perluasan elektronifikasi transaksi keuangan pemerintah pada bagian pendapatan akan dapat meningkatkan efisiensi sistem pembayaran sehingga membantu dalam upaya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Balikpapan selama masa pandemi Covid-19,” katanya, Sabtu (3/10/2020).

Dia menambahkan E-Retribusi Pasar juga merupakan upaya dalam membentuk less cash society di Balikpapan sesuai dengan cita-cita Gerakan Nasional Non Tunai yang diharapkan dapat memperluas akses keuangan secara aman, memperkuat kesehatan fiskal daerah dan meningkatkan efisiensi ekonomi serta mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkelanjutan.

Ke depan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan akan terus bekerjasama dengan seluruh pihak terkait dalam mengembangkan program-program yang mendukung elektronifikasi transaksi keuangan di Kota Balikpapan sesuai prinsip aman, efisien, dan terjangkau serta sejalan dengan program Pemerintah Kota Balikpapan untuk mewujudkan Balikpapan sebagai Smart City.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia balikpapan
Editor : Media Digital
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top