Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bank Kaltimtara Percepat Inovasi dan Pengembangan Layanan

Bankaltimtara berencana untuk melakukan spin-off Unit Usaha Syariah (UUS) menjadi Bank Umum Syariah.
Muhammad Mutawallie Sya'rawie
Muhammad Mutawallie Sya'rawie - Bisnis.com 14 Oktober 2020  |  09:36 WIB
Pegawai Bank Kaltimtara melayani penarikan uang. - Istimewa/Humas
Pegawai Bank Kaltimtara melayani penarikan uang. - Istimewa/Humas

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Bank Kaltimtara (PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara) merayakan ulang tahun yang ke 55 dengan mengambil tema Langkah Bersama Untukmu Negeri pada 14 Oktober 2020.

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) ini merayakan hari jadinya dengan menyatukan semangat dan energi optimis untuk Indonesia yang sedang membutuhkan banyak dukungan dari semua pihak.

Direktur Utama Bankaltimtara Muhammad Yamin menyatakan perayaan hari jadi Bankaltimtara diisi dengan rasa syukur oleh segenap karyawan dan karyawati serta jajaran direksi.

“Bahwa perayaan ulang tahun ini akan dijadikan momentum untuk mengembangkan energi baru di era pandemi Covid-19,” ujarnya, Rabu (14/10/2020)

Di usia yang ke-55, Yamin menyebutkan Bankaltimtara hadir di tengah-tengah masyarakat Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara dengan memiliki banyak inovasi dan pengembangan yang telah dilakukan termasuk juga keberhasilan dalam merealisasikan layanan jasa perbankan yang baik bagi masyarakat.

“Tentu tidak ada kata berhenti bagi Bankaltimtara untuk terus memberikan kontribusi nyata dan berkarya dalam rangka mengambil peranan kita dalam membangun nege,” tuturnya.

Melalui tema yang diusung tahun ini, menyiratkan makna bahwa seluruh insan Bankaltimtara bersama-sama bekerja lebih optimal dan efisien sehingga dapat memberikan energi kebaikan dalam rangka menopang pencapaian kinerja bisnis serta mendorong pertumbuhan pembangunan dan perekonomian nasional khususnya Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Berdiri sejak 14 Oktober 1965 yang lalu, Bankaltimtara memiliki tugas dan peranan penting dalam industri perbankan, di luar fungsi bank umum lainnya yaitu sebagai “agen pembangunan di daerah”.

Selain dituntut untuk berkinerja baik, juga diharapkan menjadi alat kelengkapan otonomi daerah dalam rangka mendorong pertumbuhan, pembangunan, dan perekonomian di daerah.

Selanjutnya, Yamin mengungkapkan bahwa hal utama yang perlu dipersiapakan pihaknya adalah investasi digital. Dimana saat ini, transaksi digital semakin digandrungi oleh masyarakat Indonesia yang ditandai dengan maraknya peralihan transaksi pembayaran dari konvensional tunai ke alat pembayaran cashless/ nontunai.

Tentunya dengan peningkatan pada sisi digital, nasabah akan semakin dimudahkan dalam bertransaksi khususnya di era digitalisasi. Transaksi digital juga diharapkan menjadi daya tarik nasabah baik existing ataupun baru, yang tentunya hal ini akan mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Melalui investasi digital kemudahan yang dilengkapi jaminan keamanan dapat terpenuhi dan kepuasan bagi nasabah yang menjadi fokus utama tujuan Bankaltimtara akan semakin nyata.

Investasi digital merupakan salah satu alternatif terbaik dalam menghadapi masa Pandemi Covid-19. Melalui layanan digital, Bankaltimtara ikut berpartisipasi dalam percepatan peralihan transaksi pembayaran tunai ke alat pembayaran non tunai, sehingga nasabah dapat bertransaksi dimana saja, kapan saja dan tanpa harus bertemu langsung secara fisik dengan harapan langkah ini dapat mencegah dan memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

Selain investasi digital, Bankaltimtara tengah mempersiapkan diri menjadi mitra utama bagi Ibu Kota Negara (IKN) baru dalam rangka meningkatkan kontribusi dan memenuhi kebutuhan masyarakat Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara akan layanan bank secara Konvensional dan Syariah.

Dengan demikian, Bankaltimtara berencana untuk melakukan spin-off Unit Usaha Syariah (UUS) menjadi Bank Umum Syariah dimana hal ini selain sebagai langkah untuk meningkatkan kinerja perusahaan, ekspansi bisnis bank, dan juga sebagai bagian pemenuhan regulasi yang dibuat oleh regulator dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Hal ini menjadi prioritas utama yang telah dipersiapkan serta menjadi sebuah harapan sekaligus perlahan tengah dikerjakan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Untuk itu pada momen berbahagia ini segenap manajemen Bankaltimtara mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemegang saham dan stake holder, yang mempercayakan amanah kepada Bankaltimtara untuk terus tumbuh dan berkembang secara sehat,” pungkasnya.

Yamin juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh nasabah atas kepercayaannya kepada Bankaltimtara dan terus setia menjadi nasabah Bankaltimtara serta atas pengalaman menabung dan bertransaksi di Bankaltimtara.

Lanjutnya, Yamin menyampaikan terima kasih secara khusus kepada insan Bankaltimtara yang bertugas di perbatasan seperti Long Nawang, Long Apari, Sungai Nyamuk dan jaringan kantor lainnya yang berada di daerah terluar atas kerja keras dan dedikasinya yang tinggi dalam mengembangkan Bankaltimtara selama ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kaltim bank kaltimtara
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top