Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kaltim Larang ASN Positif Covid-19 Isolasi Mandiri

Kaltim dua kali mendapatkan teguran oleh Kemenko Maritim, terkait adanya pasien yang masih menjalani isolasi mandiri.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 06 November 2020  |  09:15 WIB
Ilustrasi. - Antara/Ari Bowo Sucipto
Ilustrasi. - Antara/Ari Bowo Sucipto

Bisnis.com, SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur telah menerbitkan surat edaran kepada semua pasien Covid-19 dari kalangan aparatur sipil negara ( ASN) wilayah setempat tidak boleh menjalani isolasi mandiri dan diwajibkan menjalani perawatan di pusat karantina Gedung BPSDM Kaltim di Samarinda.

Surat Edaran dengan nomor : 443.33/5371/P2P/XI/2020 tertanggal 2 November 2020 tentang Isolasi Pasien Terkonfirmasi Covid-19, dan ditandatangani oleh Kadinkes Kaltim dr Padilah Mante Runa.

Menurut Kadinkes Kaltim dr Padilah Mante Runa di Samarinda, Kamis, diterbitkannya surat edaran tersebut dalam rangka mengantisipasi munculnya klaster keluarga atau rumah tangga.

"Poinnya surat edaran yakni tidak lagi diperkenankan ASN dan non-ASN di lingkup Pemprov Kaltim melakukan isolasi mandiri, usai terkonfirmasi positif Covid-19," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga telah mendapatkan teguran dari Pemerintah Pusat karena masih adanya pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri.

"Pada rapat koordinasi nasional, kami dua kali mendapatkan teguran oleh Kemenko Maritim, terkait adanya pasien yang masih menjalani isolasi mandiri," jelasnya.

Sayangnya, dikatakan dr Padilah edaran tersebut belum bisa diterapkan kepada masyarakat umum, karena Permenkes masih mengatur tentang dibolehkannya melakukan isolasi mandiri.

Pihaknya juga telah menjalin koordinasi dengan Dinkes Kabupaten dan Kota di Kaltim, dan mayoritas belum berani menerapkan aturan tersebut kepada masyarakat umum.

“Kalau masyarakat belum bisa diwajibkan, hanya sekedar imbauan saja supaya tidak melakukan isolasi mandiri," tegasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kaltim

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top