Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Penerima Bantuan Sosial Tunai di Samarinda Menurun

Terkait potensi kesalahan dalam penyaluran, dipastikan tidak akan ada orang lain yang mengambil selain penerima karena telah terintegrasi melaui aplikasi post giro cash.
Muhammad Mutawallie Sya'rawie
Muhammad Mutawallie Sya'rawie - Bisnis.com 15 November 2020  |  16:59 WIB
Petugas memotret penerima bantuan. - Antara/Muhammad Bagus Khoirunas.
Petugas memotret penerima bantuan. - Antara/Muhammad Bagus Khoirunas.

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) pada tahap 8 di Kota Samarinda turun 6,14 persen dibandingkan tahap pertama.

Kepala Kantor PT Pos Indonesia (Persero) Samarinda, Rhonie Parindra menyatakan penyaluran tahap pertama BST di Kota Samarinda adalah sebanyak 12.004 KPM dengan total di 28 kecamatan sebesar 15.423 KPM.

“Saat ini tahap 8 yang sedang disalurkan bantuan sosial tunai sebanyak 11.309 KPM dengan total 13.772 KPM,” ujarnya dalam webinar Efektivitas dan Manfaat Bantuan Sosial Tunai Masyarakat Kaltim Di Tengah Pandemi Covid 19, Jum’at (13/11/2020).

Penyaluran BST Kota Samarinda terdiri atas 10 kecamatan yaitu Loa Janan Ilir, Palaran, Samarinda Ilir, Samarinda Kota, Samarinda Seberang, Samarinda Ulu, Samarinda Utara, Sambutan, Sungai Kunjang dan Sungai Pinang. Kabupaten Kutai Kartanegara meliputi 8 kecamatan yaitu Anggana, Marangkayu, Muara Badak, Muara Jawa, Sanga-Sanga, Samboja, Tenggarong Seberang dan Loa Janan.

BST juga disalurkan kepada 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Kutai Timur, diantaranya adalah Batu Ampar, Bengalon, Busang, Kaliorang, Karangan, Kaubun, Long Mesangat, Muara Ancalong, Muara Bengkal, Sandaran, dan Sangkulirang. “Kami bekerja berdasarkan Keputusan Kemensos RI No 853 [pada] 4 mei 2020,” katanya.

Terkait potensi kesalahan dalam penyaluran, Rhonie memastikan tidak akan ada orang lain yang mengambil selain penerima karena telah terintegrasi melaui aplikasi post giro cash. Aplikasi tersebut akan langsung merekam data para penerima yang telah menerima bantuan dimana, setiap 15 menit data otomatis terupload secara online.

“Kapanpun [dan] siapapun yang mau mengetahui progres penyaluran bantuan sosial tunai oleh PT Pos bisa dicek lewat online,” paparnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kaltim samarinda bansos
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top