Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penerima Bantuan Sosial Tunai di Samarinda Menurun

Terkait potensi kesalahan dalam penyaluran, dipastikan tidak akan ada orang lain yang mengambil selain penerima karena telah terintegrasi melaui aplikasi post giro cash.
Petugas memotret penerima bantuan./Antara-Muhammad Bagus Khoirunas.
Petugas memotret penerima bantuan./Antara-Muhammad Bagus Khoirunas.

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) pada tahap 8 di Kota Samarinda turun 6,14 persen dibandingkan tahap pertama.

Kepala Kantor PT Pos Indonesia (Persero) Samarinda, Rhonie Parindra menyatakan penyaluran tahap pertama BST di Kota Samarinda adalah sebanyak 12.004 KPM dengan total di 28 kecamatan sebesar 15.423 KPM.

“Saat ini tahap 8 yang sedang disalurkan bantuan sosial tunai sebanyak 11.309 KPM dengan total 13.772 KPM,” ujarnya dalam webinar Efektivitas dan Manfaat Bantuan Sosial Tunai Masyarakat Kaltim Di Tengah Pandemi Covid 19, Jum’at (13/11/2020).

Penyaluran BST Kota Samarinda terdiri atas 10 kecamatan yaitu Loa Janan Ilir, Palaran, Samarinda Ilir, Samarinda Kota, Samarinda Seberang, Samarinda Ulu, Samarinda Utara, Sambutan, Sungai Kunjang dan Sungai Pinang. Kabupaten Kutai Kartanegara meliputi 8 kecamatan yaitu Anggana, Marangkayu, Muara Badak, Muara Jawa, Sanga-Sanga, Samboja, Tenggarong Seberang dan Loa Janan.

BST juga disalurkan kepada 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Kutai Timur, diantaranya adalah Batu Ampar, Bengalon, Busang, Kaliorang, Karangan, Kaubun, Long Mesangat, Muara Ancalong, Muara Bengkal, Sandaran, dan Sangkulirang. “Kami bekerja berdasarkan Keputusan Kemensos RI No 853 [pada] 4 mei 2020,” katanya.

Terkait potensi kesalahan dalam penyaluran, Rhonie memastikan tidak akan ada orang lain yang mengambil selain penerima karena telah terintegrasi melaui aplikasi post giro cash. Aplikasi tersebut akan langsung merekam data para penerima yang telah menerima bantuan dimana, setiap 15 menit data otomatis terupload secara online.

“Kapanpun [dan] siapapun yang mau mengetahui progres penyaluran bantuan sosial tunai oleh PT Pos bisa dicek lewat online,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper