Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menhan Prabowo Tinjau Lahan Singkong di Lahan Food Estate Kalteng

Hal tersebut dilakukan dalam rangka meninjau lokasi pengembangan Food Estate komoditi singkong yang berada di Desa Tewaibaru, Kecamatan Sepang, Kabupaten Gunung Mas.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 10 Maret 2021  |  17:03 WIB
Menhan Prabowo Tinjau Lahan Singkong di Lahan Food Estate Kalteng
Gubernur Kalteng saat menyambut kunjungan Menteri Pertahanan dalam rangka meninjau lahan pengembangan singkong untuk Food Estate. - Biro Adpim Setda Kalteng

Bisnis.com, SAMARINDA – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran menerima kunjungan kerja Menteri Pertahanan Republik Indonesia ke Kabupaten Gunung Mas dalam rangka meninjau lokasi pengembangan Food Estate komoditi singkong yang berada di Desa Tewaibaru, Kecamatan Sepang, Kabupaten Gunung Mas.

Menhan Prabowo Subianto mengatakan pembangunan food estate ini memiliki tujuan untuk mengatasi semua kemungkinan yang akan dihadapi Bangsa Indonesia terkait krisis pangan dunia sebagai akibat dari pandemi yang terjadi saat ini. “Apapun kita tidak tergantung kepada Negara lain”, ujarnya dikutip dari Multi Media Center Kalteng, Rabu (10/3/2021).

Prabowo menambahkan kunjungan tersebut sekaligus menyerap aspirasi masyarakat setempat dan beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar pengembangan food estate di Kabupaten Gunung Mas berjalan dengan baik. 

Kemudian, Prabowo juga menjelaskan bahwa komoditi singkong dipilih untuk mendukung program cadangan pangan strategis nasional, disebabkan singkong dapat menghasilkan banyak produk turunan, di antaranya mie dan tapioka.

Foto udara areal lumbung pangan nasional 'food estate' komoditas singkong di Tewai Baru, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Sabtu (6/3/2021). Kementerian Pertanian mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,422 triliun atau sebesar 9,4 persen dari total anggaran kementerian itu di tahun 2021, untuk mendukung program pengembangan "Food Estate" yang berada di tiga kabupaten di Kalteng yaitu Gunung Mas, Pulang Pisau, dan Kapuas./Antara-Makna Zaezar.

Sementara itu, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menuturkan bahwa kedatangan Menhan untuk meninjau salah satu lahan pengembangan Food Estate, sebagai penunjang kawasan food estate di wilayah Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas.

“Rencana langsung rapat koordinasi progress food estate di wilayah Kalteng,” katanya.

Dia berharap agar lahan Food Estate di Kabupaten Gunung Mas dapat berjalan dengan baik dan mengharapkan masyarakat setempat dapat ikut berpartisipasi mensukseskan program tersebut di wilayah Kalteng.

Sebagai informasi, lahan untuk pengembangan komoditi singkong di kalteng direncanakan kurang lebih seluas 1 Juta Hektare yang dimulai dari Kabupaten Gunung Mas.

Pada 2021, pengembangan komoditi singkong di Kabupaten Gunung Mas kurang lebih 30.000 Ha. Dimana, saat ini lahan yang telah diolah ialah seluas 634 hektare dan yang sudah ditanam singkong seluas 32 Ha.

Foto udara areal lumbung pangan nasional 'food estate' komoditas singkong di Tewai Baru, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Sabtu (6/3/2021)./Antara-Makna Zaezar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kalteng prabowo subianto food estate
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top