Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Komisi IV DPR Ingin Tahu Keberhasilan Food Estate di Kalteng

Wakil Ketua Komisi IV Anggia Erma Rin menyampaikan kunjungan tersebut untuk melihat secara langsung keberhasilan program food estate di Kalteng.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 29 Maret 2021  |  20:22 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, SAMARINDA – Tim Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja dalam rangka peninjauan lokasi Food Estate di Desa Petak Batuah A2, Kecamatan Dadahub, Kabupaten Kapuas.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rin menyampaikan kunjungan tersebut untuk melihat secara langsung keberhasilan program food estate di Kalteng.

“Kita ingin melihat sejauh mana keberhasilan program food estate di Kalteng yang merupakan program prioritas Nasional," ujarnya, dikutip dari MMC Kalteng, Senin (29/3/2021). 

Dia menambahkan pihaknya ingin melihat secara langsung perkembangan program food estate tersebut dan berharap bisa menjadi model percontohan untuk kawasan pengembangan lumbung pangan nasional.

“Tidak hanya mendengar saja tetapi secara fisik juga kita juga ingin melihat perkembangannya," ujarnya.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri mengungkapkan kunjungan tersebut dapat menjadi dukungan keberhasilan program food estate di Kalteng.

“Dengan adanya kunjungan Anggota Komisi IV ini, melihat langsung kondisi keadaan kita di sini sehingga kami berharap para anggota komisi IV yang membidangi pertanian betul-betul bisa mengawal program ini,” ungkapnya.

Kepala Dinas TPHP Kalteng Sunarti menuturkan food estate di Kabupaten Dadahup sudah hampir terlaksana 100 persen kecuali di Desa A5.

Food estate di Kecamatan Dadahup ini ada 2.000 Hektare (Ha), di A5 seluas 1.000 Ha dan yang lainnya di Desa A2, B1 dan C itu sudah mulai panen,” tutur Sunarti.

Dia memaparkan besarnya antusiasme masyarakat, semula menanam padi lokal hanya sekali dalam setahun, kini bisa hingga 2 kali tanam. 

“Seperti yang kita saksikan bersama pada Desember lalu kita juga melakukan pemanenan di lahan yang sama oleh Bapak Wakil Gubernur Kalteng. Ini juga sudah panen lagi. Inilah yang namanya peningkatan Indek Penanaman (IP) dari 1 menjadi 2," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kalteng food estate kapuas
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top