Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siswa Terdampak Covid-19, Subsidi SPP Disalurkan ke Sekolah Swasta

Dana tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Balikpapan yang totalnya sebanyak Rp12,6 Miliyar untuk bulan Januari sampai dengan Juni 2021.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, SAMARINDA – Pemerintah Kota kembali menyalurkan bantuan subsidi Sumbangan Pembinaan Pendidikan kepada sekolah swasta yang tersebar di Balikpapan.

Dana tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Balikpapan yang totalnya mencapai Rp12,6 miliar untuk bulan Januari sampai Juni 2021.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menyatakan program pemberian subsidi SPP bagi siswa SD dan SMP swasta se-Balikpapan merupakan program lanjutan peduli pendidikan Kota Balikpapan yang terdampak pandemi Covid-19.

"Masing-masing siswa akan mendapat subsidi senilai Rp100 ribu untuk SMP/MTS dan Rp60 ribu untuk SD/MI. Subsidi diberikan selama enam bulan, mulai dari Januari hingga Juni 2021," ujarnya, dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (7/4/2021).

Dia menambahkan mekanisme pemotongan langsung besaran biaya di setiap sekolah swasta dilakukan dengan konversi, lalu pihak sekolah mengajukan subsidi ke Pemerintah Kota melalui Dinas Pendidkan Kota Balikpapan.

"Tujuan dari subsidi SPP ini agar pendidikan di Kota Balikpapan tetap berjalan dengan baik kemudian masyarakat dapat mendapatkan pendidikan yang layak dan baik," harapnya.

Pemberian subsidi SPP secara simbolis berlangsung di BSCC Dome Balikpapan bersamaan dengan vaksinasi guru.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyerahkan subsidi tersebut, didampingi Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper