Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rencana Spin Off UUS, Bankaltimtara Siapkan Modal Rp950 Miliar

Pihaknya akan meminta persetujuan dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) untuk kemudian mengajukan izin prinsip ke OJK.
Rachmad Subiyanto
Rachmad Subiyanto - Bisnis.com 30 Desember 2021  |  19:51 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, BALIKPAPAN—PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (Bankaltimtara) berencana mengalokasikan modal senilai Rp950 miliar untuk Badan Usaha Syariah (BUS) sebagai langkah spin-off atau pemisahan unit usaha syariah sesuai amanat UU No.21/2008 tentang Perbankan Syariah.

Direktur Utama Bankaltimtara Muhammad Yamin mengatakan bahwa pihaknya sudah menyelesaikan pembuatan dokumen rancangan pemisahan dan akan melanjutkan ke tahapan permohonan izin prinsip serta izin usaha. Sesuai dengan POJK yang baru, ada fleksibilitas penyertaan modal untuk pembuatan badan usaha syariah dari yang sebelumnya maksimum 20% menjadi lebih fleksibel. Rencananya, Bankaltimtara akan menjadi pemegang saham pengendali pada BUS ini dengan komposisi saham 95% dari total saham Rp1 triliun atau Rp950 miliar. 

”Sisanya kami akan menggandeng eksternal, bisa lembaga bisa juga perorangan. Ini lebih mudah dan sudah ada yang potensial,” tuturnya kepada Bisnis, Kamis (30/12/2021)

Pihaknya akan meminta persetujuan dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) untuk kemudian mengajukan izin prinsip ke OJK. Selanjutnya, setelah izin prinsip, Bankaltimtara akan mengajukan izin usaha.

Kendati demikian, Yamin juga masih melihat situasi dan kondisi apabila ada relaksasi mengenai pemisahan UUS ini. Dirinya akan mengikuti perkembangan yang ada dengan tetap menjalankan rencana yang disiapkan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank kaltimtara
Editor : Rachmad Subiyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top