Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kaltim Catatkan Total Ekspor Sebesar Rp13,5 Triliun Sepanjang 2021

Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Provinsi Kaltim Yadi Robyan Noor menyatakan tahun ini terjadi kenaikan pelaku UKM yang berhasil melakukan ekspor.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 01 Januari 2022  |  16:30 WIB
Ilustrasi produk UKM asal Kaltim. - Istimewa
Ilustrasi produk UKM asal Kaltim. - Istimewa

Bisnis.com, SAMARINDA – Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mencatatkan nilai ekspor senilai Rp13,5 triliun sepanjang 2021.

Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Provinsi Kaltim Yadi Robyan Noor menyatakan tahun ini terjadi kenaikan pelaku UKM yang berhasil melakukan ekspor.

"Artinya, kebijakan Kaltim selaras dengan kebijakan nasional untuk pemberdayaan UKM. Sebab ini sudah menjadi kebijakan Gubernur dan Wakil Gubernur dalam visi Kaltim Berdaulat, khususnya misi kedua, berdaulat dalam pemberdayaan ekonomi wilayah dan ekonomi kerakyatan yang berkeadilan," ujarnya, Sabtu (1/1/2021).

Dia menambahkan, terdapat 35 pelaku ekspor pada tahun 2021 atau terjadi peningkatan sebesar lima kali lipat dibandingkan 2020 yang hanya 7 pelaku ekspor.

“Yang lebih membahagiakan kami, 10 dari 35 pelaku ekspor itu adalah UKM dan 40 persen total ekspor itu berasal dari Kaltim,” katanya.

Roby menjelaskan produk yang diminati pembeli luar negeri dari para pelaku UKM Kaltim berupa produk ikan asin, kerupuk, minyak jelantah, udang beku, perikanan, damar batu dan pisang.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyebutkan saat ini Kaltim memang menjadi daya tarik investor termasuk untuk hilirisasi proses tambang.

"Inilah upaya kita untuk dapat terus menciptakan sustainable dan nilai tambah produk, hingga menyejahterakan rakyat," sebutnya.

Adapun dia berharap pada tahun 2022 Kaltim dapat terus menjaga momentum baik ini.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekspor kaltim
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top