Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Realisasi APBN di Kalsel Capai 98,31 Persen Sepanjang 2021

Sulaimansyah menyatakan dari alokasi belanja negara sebesar Rp26,8 triliun, sebanyak Rp26,3 triliun atau 98,31 persen telah terealisasi.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 07 Januari 2022  |  23:38 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jembatan Sei Alalak di Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada Kamis, 21 Oktober 2021 / Youtube Setpres
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jembatan Sei Alalak di Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada Kamis, 21 Oktober 2021 / Youtube Setpres

Bisnis.com, SAMARINDA - Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mencatat realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar 98,31 persen sepanjang 2021.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan, Sulaimansyah menyatakan dari alokasi belanja negara sebesar Rp26,8 triliun, sebesar Rp26,3 triliun atau 98,31 persen telah terealisasi.

"Capaian APBN di Kalsel ini diketahui sejalan dengan capaian nasional, yang berhasil mencatatkan pendapatan negara sebesar 114,9 persen atau sebesar Rp2.003,1 triliun," ujarnya yang dikutip, Jumat (7/1/2022).

Secara nasional, kata Sulaimansyah, sektor perpajakan menyumbang Rp1.546,5 triliun atau kembali pada level pra pandemi pada tahun 2019 sebesar Rp1.546,1 triliun.

Hal ini dipengaruhi oleh membaiknya penerimaan pajak dari mayoritas sektor utama penyumbang penerimaan pajak, yang diikuti pemanfaatan stimulus perpajakan yang tinggi.

Dia menuturkan, bahwa capaian APBN di Kalsel turut sejalan dengan pengendalian Covid-19 yang semakin baik yang membuat aktivitas ekonomi berjalan lancar.

"Capaian ini tidak lepas dari sinergi yang semakin kuat di internal Kementerian Keuangan, serta antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Kami berharap kerja keras dan sinergi yang kuat dapat dilanjutkan dan ditingkatkan pada tahun 2022, sehingga sasaran pembangunan di Kalimantan Selatan dapat segera terwujud untuk kesejahteraan masyarakat Kalimantan Selatan," pungkasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apbn Kalimantan Selatan
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top