Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Krakatau Bandar Samudera Diklaim Tertarik Bangun Pelabuhan Curah di Samarinda

Pemerintah Kota Samarinda merencanakan tiga proyek dibiayai dengan skema pembiayaan KPBU yaitu pembangunan sky train, penerangan jalan umum (PJU) dan pelabuhan curah.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 11 Februari 2022  |  07:58 WIB
Laman resmi PT Krakatau Bandar Samudera. - JIBI/Istimewa
Laman resmi PT Krakatau Bandar Samudera. - JIBI/Istimewa

Bisnis.com, SAMARINDA—Pemerintah Kota Samarinda menyebut PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) tertarik membangun pelabuhan curah di Kota Samarinda.

Sekretaris Daerah (Sekda) kota Samarinda Sugeng Chairuddin menyatakan anak perusahaan dari PT Krakatau Steel ini tertarik membangun pelabuhan curah  sebagai salah satu dari tiga proyek skema pembiayaan kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) Pemkot Samarinda. 

Sebelumnya, Pemerintah Kota Samarinda merencanakan tiga proyek dibiayai dengan skema pembiayaan KPBU yaitu pembangunan sky train, penerangan jalan umum (PJU) dan pelabuhan curah.

 “Beberapa waktu lalu sudah ada yang mengikuti, tapi belum ada rekomendasi dari Pak Wali Kota. Ini dari PT Samudera Indonesia juga sudah membuat pra studi,” ujarnya yang dikutip, Kamis (10/2/2022).

Dia menambahkan, pelabuhan curah yang berlokasi di Kecamatan Palaran itu akan dinilai terlebih dahulu oleh tim KPBU.“Kemudian menyerahkan ke wali kota yang kemudian mengeluarkan rekomendasi,” katanya.

Selanjutnya, Wali Kota Samarinda akan menetapkan pihak pemrakarsa berdasarkan rekomendasi tersebut.”[Jadi, bukan semata-mata kami yang menentukan, nanti ada pertimbangan lagi dari sekretariat bersama di Jakarta yang menentukan,”

Sugeng mengungkapkan bahwa alasan skema KPBU dipilih karena kondisi fiskal Pemkot Samarinda yang terbatas.

Sebagai informasi, pelabuhan curah berfungsi sebagai tempat berlabuhnya kapal dalam melayani bongkar muat barang tanpa menggunakan peti kemas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan samarinda
Editor : Rachmad Subiyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top