Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KPPU: Harga Migor Curah Turun, Migor Kemasan Tetap Minggu Ini

Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Wilayah Kerja Kanwil V Balikpapan Manaek Pasaribu menyatakan harga minyak goreng curah turun dari Rp260.000 menjadi Rp 230.000 per 18 liter. 
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 29 Juni 2022  |  16:58 WIB
KPPU: Harga Migor Curah Turun, Migor Kemasan Tetap Minggu Ini
Warga menunjukkan aplikasi Peduli Lindungi saat membeli minyak curah di Pasar Kosambi, Bandung, Jawa Barat, Senin (27/6/2022). Pemerintah akan menerapkan aturan baru terkait pembelian dan penjualan minyak goreng curah dengan menggunakan aplikasi Peduli Lindungi atau menunjukkan nomor induk kependudukan pada KTP yang akan diberlakukan pada 11 Juli mendatang. ANTARA FOTO - Raisan Al Farisi

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Harga minyak goreng curah di Kota Balikpapan terpantau mengalami penurunan dibandingkan minggu sebelumnya.

Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Wilayah Kerja Kanwil V Balikpapan Manaek Pasaribu menyatakan harga minyak goreng curah turun dari Rp260.000 menjadi Rp230.000 per 18 liter. 

“Namun harga minyak goreng kemasan tetap dari minggu ke minggu,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (29/6/2022).

Dia menambahkan, pemantauan minyak goreng ini masih terus dilakukan sejak akhir bulan Maret 2022. Adapun, harga minyak goreng kemasan di beberapa retail modern Kota Balikpapan dijual seharga Rp46.000 sampai dengan Rp58.000 per 2 Liter.

“Kenaikan harga dan terbatasnya pasokan bahan pangan bisa jadi disebabkan adanya praktik kartel pangan atau adanya masalah pada produksi serta distribusi. Untuk itu, Kanwil V KPPU Balikpapan selalu memantau rutin harga dan pasokan bahan pangan strategis,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, KPPU telah masuk ke tahap penyelidikan dugaan kartel minyak goreng dimana terdapat delapan kelompok usaha yang menguasai 70 persen pasar minyak goreng.

“Sejauh ini KPPU telah mendapatkan alat bukti. Sehingga saat ini KPPU sedang mencari cari satu alat bukti lagi untuk kasus ini bisa naik ke persidangan,” terang Manaek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

balikpapan minyak goreng
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top