Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemprov Kaltim Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Capai 3 Persen Akhir Tahun Ini

Pelaksana Tugas (Plt.) Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kaltim Aswin menyatakan target Pemprov Kaltim adalah sebesar 3,5 persen ± 1 yang ditentukan oleh Bappenas.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 04 Juli 2022  |  14:10 WIB
Pemprov Kaltim Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Capai 3 Persen Akhir Tahun Ini
Kantor Gubernur Kaltim - kaltimprov.go.id

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) optimistis pertumbuhan ekonomi dapat mencapai 3 persen tahun 2022.

Pelaksana Tugas (Plt.) Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kaltim Aswin menyatakan target Pemprov Kaltim sebesar 3,5 persen ± 1 yang sudah ditentukan oleh Bappenas.

“Bank Dunia melalukan revisi [proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia] menjadi 2,9 persen pada 2022. Optimis, ini sudah 2,8 persen, tinggal sedikit lagi,” ujarnya, Senin (4/7/2022).

Selain itu, Aswin menyebutkan pemulihan ekonomi di Kaltim terdorong oleh meningkatnya kasus kesembuhan Covid-19 di Indonesia. Dia menyebutkan, melandainya kasus Covid-19 ikut meningkatkan konsumsi rumah tangga di Kaltim.

“Boleh saja ini menyebut keberhasilan kita [dalam menurunkan kasus Covid-19], tapi ini kerja sama semua pihak,” terangnya.

Senada, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Kaltim Ricky P Gozali menyebutkan konsumsi rumah tangga (RT) kembali tumbuh dan lebih tinggi dibandingkan kuartal sebelumnya seiring pada kuartal I/2022 .

Dia menuturkan bahwa seiring dengan meredanya kasus COVID-19, konsumsi Rumah Tangga (RT) di Kaltim mencatat pertumbuhan sebesar 1,25 persen secara tahunan (Year-On-Year/yoy) atau lebih tinggi dibandingkan kuartal sebelumnya yang tumbuh 0,86 persen (yoy).

“Mobilitas masyarakat kembali menggeliat. Kenaikan kinerja konsumsi RT tersebut tercermin dari hasil Survei Penjualan Eceran (SPE) Kaltim yang menunjukkan peningkatan baik dari sisi indeks maupun pertumbuhannya,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kaltim Pertumbuhan Ekonomi
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top