Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Kaltim Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Capai 3 Persen Akhir Tahun Ini

Pelaksana Tugas (Plt.) Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kaltim Aswin menyatakan target Pemprov Kaltim adalah sebesar 3,5 persen ± 1 yang ditentukan oleh Bappenas.
Kantor Gubernur Kaltim/kaltimprov.go.id
Kantor Gubernur Kaltim/kaltimprov.go.id

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) optimistis pertumbuhan ekonomi dapat mencapai 3 persen tahun 2022.

Pelaksana Tugas (Plt.) Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kaltim Aswin menyatakan target Pemprov Kaltim sebesar 3,5 persen ± 1 yang sudah ditentukan oleh Bappenas.

“Bank Dunia melalukan revisi [proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia] menjadi 2,9 persen pada 2022. Optimis, ini sudah 2,8 persen, tinggal sedikit lagi,” ujarnya, Senin (4/7/2022).

Selain itu, Aswin menyebutkan pemulihan ekonomi di Kaltim terdorong oleh meningkatnya kasus kesembuhan Covid-19 di Indonesia. Dia menyebutkan, melandainya kasus Covid-19 ikut meningkatkan konsumsi rumah tangga di Kaltim.

“Boleh saja ini menyebut keberhasilan kita [dalam menurunkan kasus Covid-19], tapi ini kerja sama semua pihak,” terangnya.

Senada, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Kaltim Ricky P Gozali menyebutkan konsumsi rumah tangga (RT) kembali tumbuh dan lebih tinggi dibandingkan kuartal sebelumnya seiring pada kuartal I/2022 .

Dia menuturkan bahwa seiring dengan meredanya kasus COVID-19, konsumsi Rumah Tangga (RT) di Kaltim mencatat pertumbuhan sebesar 1,25 persen secara tahunan (Year-On-Year/yoy) atau lebih tinggi dibandingkan kuartal sebelumnya yang tumbuh 0,86 persen (yoy).

“Mobilitas masyarakat kembali menggeliat. Kenaikan kinerja konsumsi RT tersebut tercermin dari hasil Survei Penjualan Eceran (SPE) Kaltim yang menunjukkan peningkatan baik dari sisi indeks maupun pertumbuhannya,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper