Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BPOM Menemukan Kosmetik Palsu dan Kedaluwarsa di Amuntai

Balai POM lantas memberikan teguran, sosialisasi dan peringatan kepada pemilik toko agar menghentikan perbuatannya yang bisa membahayakan konsumen.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 Juli 2022  |  14:37 WIB
BPOM Menemukan Kosmetik Palsu dan Kedaluwarsa di Amuntai
Petugas dari Balai POM di Kabupaten HSU melakukan penertiban di salah satu Toko Kosmetik di Kota Amuntai, Senin (25/7/22). - Antara/Eddy A.

Bisnis.com, AMUNTAI - Kantor Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) masih menemukan penjualan alat kosmetik kecantikan yang palsu dan kadaluarsa di Kota Amuntai dan sekitarnya.

Menyikapi hal ini dalam waktu dua pekan kedepan Balai POM di HSU akan melakukan razia dan aksi penertiban dalam rangka melindungi masyarakat dari kosmetik berbahaya dan ilegal.

Kepala Balai POM di Kabupaten HSU Bambang Hery Priyanto di Amuntai, Senin (25/7/22) mengatakan, kegiatan penertiban dilaksanakan Balai POM provinsi, kabupaten/kota secara serentak di seluruh Indonesia.

"Kami melibatkan Dinas Kesehatan dan Dinas Perindustrian Perdagangan dalam penertiban razia kosmetik ini," ujar Bambang.

Bambang mengatakan, hasil penyisiran sementara di berbagai toko kosmetik, ternyata masih ditemukan dua toko yang menjual bahan kosmetik berbahaya karena Tanpa Ijin Edar (TIE) dan juga Kosmetik yang sudah habis masa kadaluarsanya.

Pihak Balai POM lantas memberikan teguran, sosialisasi dan peringatan kepada pemilik toko agar menghentikan perbuatannya yang bisa membahayakan konsumen.

"Kepada dua toko yang masih menjual kosmetik tanpa izin edar, barangnya kami amankan dan nantinya akan kami musnahkan sedang produk kedaluwarsa kami berikan peringatan untuk retur kembali kepada distributor sehingga secepatnya barang diganti dengan yang baru," terangnya.

Kepada masyarakat HSU Bambang mengimbau untuk lebih hati-hati dalam membeli bahan kosmetik, melakukan cek terlebih dahulu kemasan label sebelum membeli produk.

"Cek dulu izin edar, tanggal kedaluwarsa karena bahan kosmetik yang ilegal bisa berdampak negatif bagi iritasi kulit dan kesehatan jika digunakan, bahkan dalam jangka waktu lama maka bisa menyebabkan kanker," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kosmetik ilegal Kalsel

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top