Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wujudkan Masyarakat Mandiri dan Kreatif, PKT Launching Barbershop Binaan di Bontang Selatan

Pembukaan kelompok usaha barbershop ini merupakan kesinambungan pembinaan PKT bagi pemuda Bontang agar mampu mandiri dan berdaya saing.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 29 Juli 2022  |  14:58 WIB
Wujudkan Masyarakat Mandiri dan Kreatif, PKT Launching Barbershop Binaan di Bontang Selatan
Pupuk Kaltim (PKT) resmikan barbershop binaan sebagai tindak lanjut pelatihan keahlian dalam membekali keterampilan dan peningkatan kapasitas bagi pemuda Bontang. - JIBI/Istimewa

Bisnis.com, BONTANG—Wujudkan kemandirian masyarakat melalui penciptaan lapangan usaha kreatif, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) meresmikan barbershop binaan sebagai tindak lanjut pelatihan keahlian dalam membekali keterampilan dan peningkatan kapasitas bagi pemuda Bontang. Barbershop dengan nama D'Ninety Nine Hair Studio ini diresmikan VP TJSL PKT Anggono Wijaya bersama Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Bontang Abdu Safa Muha, di Jalan Selat Malaka Kelurahan Berebas Tengah Bontang Selatan, Kamis (28/7/2022).

Anggono menyebutkan pembukaan kelompok usaha barbershop ini merupakan kesinambungan pembinaan PKT bagi pemuda Bontang agar mampu mandiri dan berdaya saing, setelah sebelumnya dibekali keahlian barbershop mulai tingkat dasar. Pembukaan unit usaha ini juga untuk meningkatkan nilai manfaat bagi penerima, sehingga mampu menekan angka pengangguran melalui sektor usaha yang dijalankan.

Hal ini merupakan salah satu sasaran TJSL PKT agar masyarakat mandiri mampu tercipta dengan memberikan peluang yang lebih besar melalui sektor usaha sesuai bakat dan keterampilan yang dimiliki. "PKT tidak sekadar memberi bekal pelatihan, tapi juga mendorong terciptanya peluang usaha dengan kesinambungan pembinaan. Sehingga tujuan utama program untuk peningkatan kapasitas masyarakat guna menekan pengangguran bisa tercapai sepenuhnya," terang Anggono.

Setelah barbershop, pembinaan serupa juga akan direalisasikan PKT di sektor usaha lainnya, menyusul pelatihan keterampilan di berbagai bidang yang turut dibekali PKT bagi puluhan pemuda Bontang beberapa waktu lalu. Langkah ini sekaligus wujud komitmen pemberdayaan dan pembinaan masyarakat secara merata di Kota Bontang, yang tidak hanya terfokus di lingkungan sekitar perusahaan. Dari hal ini, pertumbuhan ekonomi kreatif yang sejalan dengan program Pemerintah diharap tercapai dengan pemerataan pembinaan di seluruh wilayah Kota Bontang.

"Arah pembinaan PKT ke depan difokuskan pada program 3 in 1, yakni memberi bekal pelatihan bagi masyarakat, diikuti sertifikasi dan kompetensi, hingga pemagangan maupun penciptaan lapangan usaha. Ini menjadi sasaran utama, agar kemandirian dan daya saing masyarakat bisa terwujud secara optimal," terang Anggono.

Dirinya pun berharap pembukaan kelompok usaha barbershop ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh anggota binaan, agar ilmu dan keahlian yang didapat selama pelatihan mampu berdampak terhadap kesejahteraan melalui usaha mandiri. "Begitu juga kedepannya, PKT akan terus melakukan pendampingan dan pembinaan agar kesinambungan program memberi manfaat yang lebih luas di masyarakat," tambah Anggono.

Kadisnaker Bontang Abdu Safa Muha, menyampaikan apresiasi atas kesinambungan kontribusi PKT mendukung Pemerintah dalam hal pemberdayaan, maupun penciptaan lapangan usaha guna mewujudkan kemandirian masyarakat. Dirinya menyebut pembinaan program barbershop ini menunjukkan komitmen PKT yang terus terbuka memberi manfaat secara luas di Kota Bontang.

"Ini patut kita apresiasi, melihat keseriusan PKT mempersiapkan sumberdaya mandiri melalui penciptaan lapangan usaha di sektor ekonomi kreatif bagi pemuda Bontang. Semoga program ini terus diperluas, sesuai sasaran TJSL PKT di berbagai wilayah Kota Bontang," ujar Safa Muha.

Dirinya pun berpesan agar penerima manfaat program bisa memaksimalkan hasil pembinaan PKT dengan meningkatkan keterampilan dan peluang, agar sektor usaha mampu membuka kesempatan lebih luas di masyarakat. Menurut dia, Pemkot Bontang tengah gencar mendorong penciptaan tenaga kerja mandiri dan peningkatan kapasitas sumberdaya manusia untuk menekan angka pengangguran. Dari hal ini diharap beragam peluang kerja baru bisa tercipta guna mewujudkan kemandirian masyarakat di berbagai bidang.

"Untuk itu penting adanya komitmen dan kolaborasi dalam mendorong terwujudnya kemandirian masyarakat. Pembinaan PKT ini salah satu wujud nyata hal tersebut, dengan membantu Pemerintah meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia di Kota Bontang," pungkas Safa Muha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pupuk kaltim
Editor : Media Digital

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top