Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Agen Pariwisata Balikpapan Diajak Kolaborasi Malaysia

Dalih kedekatan lokasi antar dua negara dan kemiripan budaya serta bahasa menjadi alasan kuat untuk menarik wisatawan dari Kaltim yang ditawarkan oleh STB.
M. Mutawallie Syarawie
M. Mutawallie Syarawie - Bisnis.com 24 November 2022  |  17:00 WIB
Agen Pariwisata Balikpapan Diajak Kolaborasi Malaysia
Bubur pedas Kuching, Sarawak Malaysia. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Sarawak Tourism Board (STB) berupaya menggandeng agensi pariwisata lokal guna mendongkrak jumlah wisatawan Kalimantan ke Malaysia.

Dalih kedekatan lokasi antar dua negara dan kemiripan budaya sera bahasa menjadi alasan kuat untuk menarik wisatawan dari Kaltim yang ditawarkan oleh STB.

Director of Marketing Sarawak Tourism Board (STB) Barbara Benjamin Atan menyatakan selama ini banyak wisatawan dari Indonesia yang berkunjung ke Serawak khususnya dari Pontianak maupun Jakarta.

"Kami lihat kota-kota lain di Kalimantan punya potensi untuk juga berkunjung ke Serawak. Jadi kami lihat ada potensi wisatawan dari Samarinda dengan Balikpapan," ujarnya, Kamis (24/11/2022).

Selain itu, Barbara menyebutkan alasan kuat lainnya yang membuat warga Indonesia berkunjung ke Malaysia adalah dalam rangka melakukan pengobatan, seperti ke Kuching, Sarawak.

Kemudian, dia mengatakan berencana mengundang para pelaku wisata ataupun agent travel di Balikpapan untuk berkunjung ke Sarawak guna melihat langsung pariwisata maupun event-event yang di gelar.

"Kami ingin mengundang agen-agen (travel) dari sini Balikpapan ataupun media untuk ke Kucing, kira-kiranya bulan Juni (2022) untuk kegiatan festival," ujarnya

Adapun, dia berharap penerbangan langsung Balikpapan-Kuching dapat kembali dibuka guna meningkatkan kunjungan wisata kedua kota tersebut.

"Dulu kita punya penerbangan langsung Balikpapan ke Kuching, kemudian sekarang ada Kucing," pungkasnya.

Sebagai informasi, STB telah melakukan promosi wisata budaya, seperti petualangan, alam, gastronomi (kuliner) hingga festival di Kota Balikpapan, Samarinda, Banjarmasin, dan Pontianak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kaltim balikpapan
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top