Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Agen Pariwisata Balikpapan Diajak Kolaborasi Malaysia

Dalih kedekatan lokasi antar dua negara dan kemiripan budaya serta bahasa menjadi alasan kuat untuk menarik wisatawan dari Kaltim yang ditawarkan oleh STB.
Bubur pedas Kuching, Sarawak Malaysia./Istimewa
Bubur pedas Kuching, Sarawak Malaysia./Istimewa

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Sarawak Tourism Board (STB) berupaya menggandeng agensi pariwisata lokal guna mendongkrak jumlah wisatawan Kalimantan ke Malaysia.

Dalih kedekatan lokasi antar dua negara dan kemiripan budaya sera bahasa menjadi alasan kuat untuk menarik wisatawan dari Kaltim yang ditawarkan oleh STB.

Director of Marketing Sarawak Tourism Board (STB) Barbara Benjamin Atan menyatakan selama ini banyak wisatawan dari Indonesia yang berkunjung ke Serawak khususnya dari Pontianak maupun Jakarta.

"Kami lihat kota-kota lain di Kalimantan punya potensi untuk juga berkunjung ke Serawak. Jadi kami lihat ada potensi wisatawan dari Samarinda dengan Balikpapan," ujarnya, Kamis (24/11/2022).

Selain itu, Barbara menyebutkan alasan kuat lainnya yang membuat warga Indonesia berkunjung ke Malaysia adalah dalam rangka melakukan pengobatan, seperti ke Kuching, Sarawak.

Kemudian, dia mengatakan berencana mengundang para pelaku wisata ataupun agent travel di Balikpapan untuk berkunjung ke Sarawak guna melihat langsung pariwisata maupun event-event yang di gelar.

"Kami ingin mengundang agen-agen (travel) dari sini Balikpapan ataupun media untuk ke Kucing, kira-kiranya bulan Juni (2022) untuk kegiatan festival," ujarnya

Adapun, dia berharap penerbangan langsung Balikpapan-Kuching dapat kembali dibuka guna meningkatkan kunjungan wisata kedua kota tersebut.

"Dulu kita punya penerbangan langsung Balikpapan ke Kuching, kemudian sekarang ada Kucing," pungkasnya.

Sebagai informasi, STB telah melakukan promosi wisata budaya, seperti petualangan, alam, gastronomi (kuliner) hingga festival di Kota Balikpapan, Samarinda, Banjarmasin, dan Pontianak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper