Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kaltim Menargetkan Serapan Anggaran Capai 90 Persen Tahun Ini

Gubernur Kaltim Isran Noor menyatakan untuk mewujudkan hal itu, pengadaan barang dan jasa sudah dilaksanakan sejak kuartal I/2023.
M. Mutawallie Syarawie
M. Mutawallie Syarawie - Bisnis.com 23 Januari 2023  |  16:56 WIB
Kaltim Menargetkan Serapan Anggaran Capai 90 Persen Tahun Ini
Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor. - Bisnis
Bagikan

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Gubernur Kalimantan Timur menargetkan realisasi penyerapan anggaran minimal dapat mencapai 90 persen pada 2023.

Gubernur Kaltim Isran Noor menyatakan untuk mewujudkan hal itu, pengadaan barang dan jasa sudah dilaksanakan sejak kuartal I/2023.

Dia menambahkan, hal tersebut dilakukan agar kuartal kedua sudah bisa dilaksanakan kegiatan dan program kerja, baik fisik maupun non fisik.

"Saya meminta agar seluruh OPD gerak cepat, tancap gas realisasi serapan anggaran. Sebab RPJMD 2018-2023 berakhir awal Oktober ini," ujarnya yang dikutip, Jum’at (20/1/2023).

Isran menyebutkan, pembangunan infrastruktur maupun kegiatan sosial harus berjalan cepat, sehingga pembayaran pun bisa mencapai 90 bahkan 100 persen.

"Yang sebelum-sebelumnya memang bisa terlambat, tapi jangan berulang kali. Jangan sampai ada keterlambatan, akibatnya serapan anggaran tak maksimal," sebutnya.

Dia mengimbau agar pekerjaan bisa selesai sebelum Oktober atau tiga bulan sebelum masa RPJMD 2018-2023 berakhir.

"Saya harap semua OPD semangat menyelesaikan tugasnya sesuai visi dan misi kita," katanya.

Sebelumnya, Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman Hairul menilai bahwa lelang dini dapat meningkatkan serapan anggaran daerah.

Kendati demikian, dia mengungkapkan bahwa tantangan dari sisi eksekutif dan legislatif masih cukup besar dalam menyusun beberapa kebijakan dan dokumen terkait dengan perencanaan, khususnya berpatokan pada RPJMD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kaltim keuangan daerah
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top