Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apindo Kaltim Ungkap Syarat Agar Investor Mau Tanamkan Modal

Syarat tersebut harus dipenuhi karena menjadi sebuah indikator bagi investor untuk mau menanamkan modalnya di Kaltim.
ilustrasi
ilustrasi

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Dewan Pimpinan Provinsi Asosiasi Pengusaha Indonesia (ApindoKalimantan Timur membeberkan sejumlah syarat agar suatu perusahaan mau berinvestasi di suatu daerah.

Ketua DPP Apindo Kaltim M Slamet Brotosiswoyo menyatakan syarat tersebut harus dipenuhi karena menjadi sebuah indikator bagi investor untuk mau menanamkan modalnya di Kaltim.

Syarat tersebut diantaranya yaitu, suatu daerah harus kondusif, memiliki sosial budaya yang terjaga dengan iklim usaha yang baik dan terdapat perizinan yang mudah.

Kendati demikian, Slamet menambahkan, suatu hal yang masih menjadi tantangan bagi pengusaha adalah dari sisi perizinan.

“Katanya (perizinan) satu atap tapi banyak jendelanya, sana sini sana sini nggak nyampe-nyampe. Bahwa ngurus izin bangunan macam-macam instansi yang harus kita datangi, ya repot juga,” ujarnya kepada Bisnis, Selasa (31/1/2023).

Di sisi lain, dia menyebutkan kepastian hukum terkait suatu lahan atau pertanahan juga menjadi satu hal yang harus dipenuhi.

“Aturan ini dibuat sendiri, menyulitkan sendiri. Katanya nggak ada IMB adanya PBG, tapi sulit juga,” terangnya.

Sementara itu, Slamet mengungkapkan bahwa dalam menyongsong pembangunan IKN, khususnya di kota-kota penyangga seperti Kota Balikpapan dan Samarinda,  perlu persiapan jangka panjang.

“Iklim usaha sudah baik, tapi kebijakan perizinan masih harus diperbaiki. Kuncinya ada di perizinan, karena kalau perizinan sulit, tidak ada investor maka nantinya tidak ada penyerapan tenaga kerja,” ungkapnya.

Selain itu, dia mengungkapkan Kaltim memiliki banyak lahan yang masih bisa dimanfaatkan untuk menjalankan suatu industri, seperti misalnya industri turunan dari kelapa sawit.

“Saya kira Pemprov Kaltim harus bisa harus berkolaborasi aktif dengan Otorita dan juga investor dari luar,” pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper