Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masyarakat Kaltim Optimistis Ekonomi Tetap Kuat, Dipengaruhi IKN

Pemulihan kondisi ekonomi pasca pandemi mendorong terjaganya indeks ketersediaan lapangan kerja dan penghasilan.
Titik nol IKN./Humas Setkab
Titik nol IKN./Humas Setkab

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Survei Konsumen (SK) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menunjukkan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi di provinsi tersebut tetap kuat, dengan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) mencapai 138,0 atau berada di atas zona optimistis (>100) pada Maret 2023.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur, Ricky P Gozali menyatakan IKK yang kuat ini bersumber dari Indeks Ekonomi Saat ini (IKE) sebesar 132,8 dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) sebesar 143,2.

Gozali menjelaskan IKE yang berada pada zona optimistis sebesar 132,8 disebabkan oleh optimisme konsumen terhadap indeks ketersediaan lapangan kerja saat ini sebesar 144,5, indeks penghasilan saat ini sebesar 129,5 dan indeks pembelian barang tahan lama dengan capaian 124,5.

“Pemulihan kondisi ekonomi pasca pandemi mendorong terjaganya indeks ketersediaan lapangan kerja dan penghasilan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (11/4/2023).

Menurut Gozali, peningkatan belanja furnitur dan perabotan rumah tangga serta barang elektronik, menjadi pendorong utama indeks pembelian barang tahan lama yang masih kuat di provinsi yang menjadi lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ini.

Selain itu, ekspektasi konsumen terhadap penghasilan sebesar 137,0, kegiatan usaha sebesar 144,0, dan ketersediaan lapangan kerja sebesar 148,5 menurut IEK.

"Ekspektasi positif konsumen terhadap penghasilan didorong oleh perkiraan peningkatan omzet dan upah, sementara ekspektasi konsumen terhadap kegiatan usaha didorong oleh harga yang terkendali dan peningkatan subsidi atau insentif pemerintah," katanya.

Dalam menyikapi optimisme konsumen ini, Gozali berharap agar perekonomian di Kaltim dapat terus kondusif melalui pembangunan ekonomi yang menyeluruh, sehingga Kaltim dapat menjadi lebih unggul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler