Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Samarinda Lirik Kerja Sama Digitalisasi UMKM dan Pelayanan Publik

Pemkot Samarinda berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan pemberdayaan UMKM di tengah era digitalisasi.
Wali Kota Samarinda Andi Harun
Wali Kota Samarinda Andi Harun

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Pemerintah Kota Samarinda berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di tengah era digitalisasi.

Salah satu langkah yang diambil adalah melirik kerja sama dengan platform pembayaran online Dompet Digital (Dana).

Wali Kota Samarinda Andi Harun mengatakan kerjasama ini sejalan dengan tuntutan birokrasi berbasis digital yang sedang digalakkan oleh pemerintah pusat.

Dia berharap bahwa dengan menggunakan Dana, para pelaku UMKM dapat memperluas pasar, mengembangkan produk, dan meningkatkan omset mereka.

“Kerjasama ini tentu akan membawa manfaat bagi masyarakat Samarinda, khususnya para pelaku UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian daerah. Dengan Dana, mereka dapat mendigitalisasi produk-produk mereka dan menjangkau konsumen lebih luas,” ujarnya yang dikutip, Kamis (10/8/2023).

Andi Harun menambahkan, kerjasama ini juga akan mempermudah pelayanan publik yang berbasis digital, seperti parkir elektronik (e-parking), retribusi sampah, dan tagihan PDAM.

Dia mengatakan bahwa hal ini akan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat dalam melakukan transaksi non-tunai.

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Samarinda Hermanus Barus mengapresiasi kerjasama ini sebagai langkah maju dalam mengoptimalkan pendapatan daerah.

Adapun, dia mengatakan dalam waktu dekat kerjasama ini akan segera ditindaklanjuti. “Mereka akan segera menyampaikan peluang-peluang yang ada kepada saya,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper