Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pergerakan Transportasi Kalimantan Timur Masih Positif pada Oktober 2023

Sektor transportasi di Provinsi Kalimantan Timur menunjukkan pertumbuhan positif pada Oktober 2023, baik untuk angkutan udara maupun laut.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, SAMARINDA –– Sektor transportasi di Provinsi Kalimantan Timur menunjukkan pertumbuhan positif pada Oktober 2023, baik untuk angkutan udara maupun laut.

Kepala BPS Provinsi Kalimantan Timur Yusniar Juliana menyatakan angkutan udara domestik naik sebesar 8,45%.

“Jumlah penumpang angkutan udara domestik pada Oktober 2023 mencapai 225.512 orang, naik 8,45% dibandingkan dengan September 2023,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (4/12/2023).

Dia menambahkan, peningkatan terbesar terjadi di Bandara SAMS Sepinggan-Balikpapan dan APT Pranoto-Samarinda, yang merupakan dua bandara utama di Benua Etam.

Jumlah penumpang angkutan udara internasional atau turun 8,29% menjadi 3.397 orang. 

“Sebaliknya jika kita bandingkan dengan bulan Oktober tahun sebelumnya atau tahun 2022 ini terjadi peningkatan yang sangat signifikan hingga mencapai 12.000%,” terang Yusniar.

Kemudian, Yusniar menyebutkan angkutan laut dalam negeri naik 2,56%. Jumlah penumpang angkutan laut dalam negeri pada Oktober 2023 tercatat sebanyak 35.565 orang, atau naik 2,56% dibandingkan dengan September 2023.

Peningkatan terjadi di Pelabuhan Samarinda, yang merupakan salah satu jalur angkutan penumpang laut utama Kalimantan Timur.

Adapun, jumlah barang yang diangkut juga naik 18,13% menjadi 7,09 juta ton, dengan pelabuhan Sangkulirang, Tanjung Redeb, dan Sangatta sebagai tiga pelabuhan terbesar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper