Pasar Tumpah Pringgodani, Destinasi Wisata Unik di Balikpapan

Pasar ini menawarkan berbagai produk lokal, khususnya makanan tradisional, yang menggugah selera pengunjung.
Ilustrasi pasar jajanan./Ist
Ilustrasi pasar jajanan./Ist

Bisnis.com, SAMARINDA — Pasar Tumpah Pringgodani yang terletak di kawasan Gunung Binjai, Kelurahan Teritip, Balikpapan Timur, menjadi salah satu destinasi wisata unik yang menarik perhatian masyarakat.

Pasar ini menawarkan berbagai produk lokal, khususnya makanan tradisional, yang menggugah selera pengunjung. Selain itu, pasar ini juga memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi, karena merupakan bagian dari Desa Wisata Tritip yang ditetapkan oleh Pemerintah Kota Balikpapan.

Untuk mengembangkan potensi pasar ini, Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) dan Dinas Kesehatan Kota (DKK) melakukan pendampingan dan pembinaan kepada masyarakat dan pengelola pasar.

Hal ini dilakukan agar pasar ini dapat memenuhi standar kesehatan, kebersihan, dan kenyamanan bagi pengunjung. Selain itu, pemerintah juga berencana untuk mengukuhkan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di kawasan ini, agar dapat mengelola pasar ini secara profesional dan mandiri.

Ketua Ekonomi Kreatif (Ekraf) Balikpapan, Nurlena, mengatakan pasar ini merupakan salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat dan UMKM di kawasan desa wisata.

Dia berharap agar pasar ini dapat dikembangkan lebih lanjut, baik dari segi produk, fasilitas, maupun promosi. “Kita juga siap berkolaborasi dengan pelaku dari pasar tumpah Pringgodani. Termasuk memberikan masukan agar ruas jalannya diperbaiki agar pengunjung bisa tambah nyaman, oleh pihak pengeolah siap untuk diperbaiki,” ujarnya yang dikutip, Selasa (2/1/2024).

Sementara itu, Kepala DPOP Balikpapan Ratih Kusuma mengungkapkan bahwa pihaknya akan menyiapkan masyarakat sekitar pasar untuk masuk dalam anugerah desa wisata tahun 2024.

Dia juga menekankan pentingnya sinergitas dan kolaborasi dengan OPD terkait dalam pengembangan pasar ini. “Misalnya sinergitas dan kolaborasi dengan OPD terkait karena disana terlibat masyarakat, nanti dengan dinas kesehatan higeinitas sanitasi, kemudian pengelolaan sampah, parkirnya," jelasnya. 

Menurut Ratih Kusuma, keberadaan pasar Tumpah Pringgodani salah satu upaya meningkatkan perekonomian, sehingga pembinaan dibutuhkan agar lebih baik lagi ke depannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler