Bandara Sepinggan Terapkan Parkir Tanpa Karcis

Pihak bandara telah menerapkan sistem parkir tanpa karcis atau cashless yang menggunakan kartu pembayaran elektronik.
Parkir nontunai di Sepinggan./Ist
Parkir nontunai di Sepinggan./Ist

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Pengguna jasa Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan tidak perlu lagi mengambil karcis parkir saat masuk dan keluar area bandara mulai 14 Februari 2024.

General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Ahmad Syaugi Syahab, menyatakan pihak bandara telah menerapkan sistem parkir tanpa karcis atau cashless yang menggunakan kartu pembayaran elektronik. Sistem ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dan kenyamanan bagi pengguna jasa bandara, sekaligus mendukung program pemerintah dalam mendorong transaksi nontunai.

“Dengan adanya pembaharuan sistem ini tentu memerlukan proses adaptasi dari masyarakat, maka dari itu kami akan menyediakan counter yang menjual sekaligus top-up kartu pembayaran elektronik di dekat area tol gate masuk dan keluar serta beberapa petugas yang berjaga sebagai langkah antisipasi apabila ada pengguna jasa yang mengalami kesulitan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (10/1/2024).ff

Syaugi menambahkan, sistem parkir tanpa karcis ini berlaku untuk semua jenis kendaraan, baik roda dua, roda empat, maupun lebih, termasuk kendaraan yang menginap di bandara.

Pengguna jasa hanya perlu melakukan tap-in dan tap-out dengan kartu pembayaran elektronik di pintu masuk dan keluar bandara.

Syaugi menuturkan, kartu pembayaran elektronik yang dapat digunakan untuk sistem parkir tanpa karcis ini antara lain flazz, e-money, tapcash, dan brizzi. Kartu-kartu tersebut dapat diperoleh dan diisi saldonya di bank, maupun minimarket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler