Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Balikpapan Diakui Jadi Kota Wisata Bersih Tingkat ASEAN

Penghargaan ini diserahkan oleh Pemerintah Laos, yang menjadi tuan rumah ASEAN Tourism Forum (ATF) 2024, pada acara penutupan yang digelar di Vientiane.
Foto udara salah satu tower milik Tower Bersama Group (TBIG) yang berada di wilayah Balikpapan Baru, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (24/11/2023). Bisnis/Adam Rumansyah.
Foto udara salah satu tower milik Tower Bersama Group (TBIG) yang berada di wilayah Balikpapan Baru, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (24/11/2023). Bisnis/Adam Rumansyah.

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Kota Balikpapan menjadi salah satu kota yang berhasil meraih penghargaan Clean Tourist City Award dari ASEAN Tourism Awards 2024.

Bersama Kota Surabaya, penghargaan ini diberikan sebagai bentuk pengakuan atas upaya kedua kota tersebut dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan pariwisatanya.

Penghargaan ini diserahkan oleh Pemerintah Laos, yang menjadi tuan rumah ASEAN Tourism Forum (ATF) 2024, pada acara penutupan yang digelar di Vientiane, Laos.

Sebagaimana diketahui, ASEAN Tourism Awards adalah ajang penghargaan yang diinisiasi oleh negara-negara anggota ASEAN untuk mengapresiasi kinerja para pelaku pariwisata di kawasan ini.

Tujuannya adalah untuk mendorong terciptanya destinasi wisata yang unggul dan berkualitas, serta mendukung visi ASEAN sebagai single destination.

Ada lima kategori penghargaan yang diperebutkan, yaitu ASEAN Sustainable Tourism Award, ASEAN Clean Tourist City Award, ASEAN Green Hotel Award, ASEAN MICE Venue Award, dan ASEAN Community Based Tourism Award.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, menyampaikan rasa bangga dan senang atas prestasi yang diraih oleh Balikpapan dan Surabaya.

Dia mengatakan bahwa penghargaan ini menunjukkan bahwa sektor pariwisata Indonesia telah mendapat perhatian dan pengakuan di tingkat regional maupun internasional.

“Atas nama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kami sangat senang menerima penghargaan di ASEAN Tourism Awards 2024. Indonesia selalu menjadi negara yang dinamis dan berbudaya dengan banyak destinasi indah, dan ini semakin mengukuhkan sekaligus mengangkat nama Indonesia sebagai salah satu pilihan terbaik di kawasan ASEAN,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (30/1/2024).

Sandiaga menambahkan bahwa penghargaan ini menjadi motivasi bagi Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas dan daya saing pariwisatanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispora) Kota Balikpapan Ratih Kusuma mengucapkan selamat kepada seluruh warga dan pelaku pariwisata yang telah berkontribusi dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan pariwisata.

“Balikpapan bukan hanya sekadar kota, tapi telah menjadi inspirasi bagi kota-kota lain dalam mewujudkan kebersihan dan keindahan lingkungan pariwisata,” ungkapnya. 

Adapun, dia menuturkan prestasi ini menjadi motivasi untuk terus berinovasi dan menjadi contoh bagi kota-kota lain di seluruh ASEAN dengan terus menjaga kebersihan dan keindahan, sehingga terus menjadi destinasi yang ramah lingkungan dan memukau bagi para wisatawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper