Kalbar Siap Gelar Lima Event Pariwisata Besar di Februari 2024

Kalbar akan menyelenggarakan lima event pariwisata besar yang diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan, promosi budaya, dan pemberdayaan UMKM.
Cap Go Meh/Reuters-Gabriela Bhaskar
Cap Go Meh/Reuters-Gabriela Bhaskar

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Kalimantan Barat (Kalbar) akan menjadi pusat perhatian dunia pariwisata Indonesia pada bulan Februari 2024.

Pasalnya, provinsi ini akan menyelenggarakan lima event pariwisata besar yang diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan, promosi budaya, dan pemberdayaan UMKM.

Lima event pariwisata tersebut adalah Launching Kalender Event Pariwisata 2024, Saprahan Khatulistiwa 2024, Rakornas Pariwisata se-Indonesia, Kalbar Food Festival 2024, dan Mini Festival Cap Go Meh. Event-event ini akan berlangsung dari tanggal 17 hingga 25 Februari 2024 di Pontianak dan Singkawang.

Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat Harisson mengatakan salah satu tamu kehormatan yang akan hadir dalam event-event ini adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno.

Dia menambahkan, Menparekraf akan didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata seluruh Indonesia dan Team Of Operator Leader di setiap provinsi.

Menurutnya, event-event ini merupakan kesempatan emas bagi Kalbar untuk menunjukkan potensi pariwisata dan produk unggulan daerahnya.

“Ini kesempatan bagi UMKM kita di Kalbar untuk memamerkan produk-produk unggulan, jangan sampai mereka kesini hanya sekedar datang saja, tetapi kita harus tunjukkan UMKM kita memiliki produk unggulan khas Kalbar,” ujarnya yang dikutip, Senin (12/2/2024).

Dia menekankan pentingnya menjaga keamanan dan kenyamanan selama event-event ini berlangsung, terutama mengingat situasi politik yang sedang memanas menjelang Pemilu 2024.

Harisson meminta aparat keamanan, penyelenggara, dan masyarakat untuk bersinergi dalam menciptakan suasana kondusif.

“Saya tekankan kepada semua pihak untuk memperhatikan keamanan, jangan sampai mereka kesini tetapi merasa tidak nyaman, tidak merasa aman, apalagi ada Menparekraf datang, jadi harus kita utamakan keamanan mereka dalam mengunjungi Kalbar,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kalbar Windy Prihastari menjelaskan bahwa event-event ini memiliki konsep dan tujuan yang berbeda-beda, namun saling melengkapi satu sama lain.

“Launching Kalender Event Pariwisata 2024 adalah acara tahunan kita yang bertujuan untuk menginformasikan kepada publik tentang rencana dan agenda pariwisata Kalbar sepanjang tahun. Saprahan Khatulistiwa 2024 adalah acara kolaborasi dengan Bank Indonesia yang bertujuan untuk mengenalkan budaya dan kuliner Kalbar kepada tamu-tamu VIP,” katanya.

Kemudian, dia menjelaskan Rakornas Pariwisata se-Indonesia adalah acara yang diinisiasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang bertujuan untuk membahas strategi dan program pemasaran pariwisata Indonesia di tingkat nasional dan daerah.

Sedangkan, Kalbar Food Festival 2024 adalah acara yang menampilkan berbagai jenis makanan khas Kalbar yang bisa dinikmati oleh masyarakat luas.

Adapun, Mini Festival Cap Go Meh adalah acara yang merayakan budaya Tionghoa di Singkawang yang sudah masuk dalam Kalender Event Nasional.

"Pelaksanaan utama yaitu pada tanggal, 23 Februari 2024 dan dilanjutkan dengan Festival Mini Cap Go Meh pada tanggal, 24 Februari 2024. Disebut Festival Cap Go Meh Mini dikarenakan festival ini sudah memasuki Kalender Event Nasional, tetapi dikarenakan adanya masa Pemilu jadi kita sama-sama menjaga keamanan maka tidak ada arak-arakan. Namun, Festival Mini tersebut diselenggarakan di salah satu Vihara terbesar di Kota Singkawang," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler