Pj Bupati PPU Dukung Penyediaan ASN, Buka Peluang Besar untuk Warga PPU

Pj Bupati Penajam Paser Utara, Makmur Marbun, menghadiri Rakornas Persiapan Pengadaan Aparatur Sipil Negara Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh KemenPANRB
Foto: Pj Bupati PPU Dukung Penyediaan ASN, Buka Peluang Besar untuk Warga PPU
Foto: Pj Bupati PPU Dukung Penyediaan ASN, Buka Peluang Besar untuk Warga PPU

Bisnis.com, PENAJAM PASER UTARA - Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Makmur Marbun, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Persiapan Pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) di Hotel Bidakara Jakarta Selatan pada Kamis, 14 Maret 2024.

Dalam rakornas ini, lebih dari 500 undangan kepala daerah dari berbagai tingkatan di Indonesia turut hadir, termasuk Pj Bupati PPU, Makmur Marbun.

Usai kegiatan, Makmur Marbun menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten PPU mendukung langkah-langkah pemerintah pusat, khususnya terkait persiapan pengadaan ASN tahun 2024, termasuk seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Langkah pemerintah pusat ini memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat Indonesia, termasuk di Kabupaten PPU, untuk menjadi ASN. Oleh karena itu, Pemda PPU sangat mendukung langkah ini," ujar Makmur Marbun.

Sementara itu, MenPANRB, Abdullah Azwar Anas, dalam sambutannya menyatakan bahwa peluang bagi masyarakat untuk menjadi ASN atau P3K sangat besar. Mulai tahun 2024, seleksi CPNS akan dilakukan tiga kali dalam setahun, memberikan kesempatan bagi mereka atau instansi yang belum memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang diharapkan.

Abdullah Azwar juga menyampaikan bahwa seluruh tenaga honorer di Indonesia yang telah terdaftar dalam database akan dituntaskan pada tahun ini. Dia juga mengingatkan kepada bupati atau kepala daerah agar mengkhususkan formasi bagi mereka yang sudah terdaftar dalam database BKN pusat.

"Berdasarkan Instruksi Presiden Joko Widodo, pemerintah pusat akan membuka sebanyak 225 ribu lebih formasi khusus untuk Ibukota Nusantara (IKN) di Kabupaten PPU, Kalimantan Timur (Kaltim). Kami juga telah mengajukan permohonan untuk memberikan kesempatan kepada putra daerah agar bisa direkrut sebagai ASN di sana," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler