Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Balikpapan Makin Sesak, Infrastruktur Jalan Terus Dibenahi

Kota Balikpapan terus berupaya membenahi infrastruktur kunci dalam upaya untuk mendukung Ibu Kota Negara (IKN) baru khususnya akses jalan.
Ilustrasi/Dok. BPJT
Ilustrasi/Dok. BPJT

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Kota Balikpapan terus berupaya membenahi infrastruktur kunci dalam upaya untuk mendukung Ibu Kota Negara (IKN) baru khususnya akses jalan.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menyoroti pertumbuhan penduduk yang pesat sebagai pendorong utama perbaikan ini.

“Pertumbuhan penduduk yang cukup luar bisa kita rasakan semua,” ujarnya yang dikutip, Selasa (7/5/2024).

Proyek-proyek infrastruktur kunci, seperti Daerah Aliran Sungai (DAS) Ampal yang mencakup Jalan MT Haryono dinyatakan telah selesai dan dapat mengurangi kemacetan yang sebelumnya parah di area tersebut.

Selain itu, proyek di Tanjakan Global juga telah rampung yang memungkinkan lalu lintas mengalir lancar. Meskipun telah ada kemajuan, Rahmad mengakui masih ada ruang untuk perbaikan. 

Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Balikpapan, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), sedang mengevaluasi pembuatan jalan baru atau alternatif untuk menghubungkan Balikpapan Utara dan Timur, dengan tujuan mengurangi kemacetan lebih lanjut.

Kepala DPU Balikpapan, Rita menyebutkan jalan baru ini diharapkan dapat memudahkan akses antara kedua kecamatan tersebut. “Kami berharap pembangunan jalan ini akan mempermudah akses dan mengurangi kemacetan,” sebutnya.

Adapun, dia menuturkan bahwa pendanaan untuk proyek ini akan berasal dari Bantuan Keuangan (Bankeu) Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Balikpapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper