Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SIG Targetkan Produksi 500 Unit Rumah Ramah Lingkungan di IKN

Rumah tipe 36 ini diklaim dapat dibangun dalam waktu hanya 15 hari dan menargetkan produksi hingga 500 unit per tahun.
Model rumah tapak SIG di IKN
Model rumah tapak SIG di IKN

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG meluncurkan inovasi terbaru dalam pembangunan dua unit rumah tapak di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Dengan harga Rp78 juta per unit, rumah tipe 36 ini diklaim dapat dibangun dalam waktu hanya 15 hari dan menargetkan produksi hingga 500 unit per tahun.

General Manager of Brand Management SIG Sasha Media menyatakan rumah ini memiliki emisi karbon yang 38% lebih rendah dibandingkan rumah konvensional. 

"Jauh di bawah batas 3% yang ditetapkan oleh pemerintah," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (19/8/2024).

Rumah-rumah ini juga memenuhi persyaratan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) hingga 50%, sebuah pencapaian yang sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan penggunaan material dalam negeri. 

Capaian ini diklaim mencerminkan komitmen perusahaan terhadap pembangunan yang berkelanjutan dan inovatif karena SIG tidak hanya memenuhi, tetapi melampaui standar yang ditetapkan.

Saat ini, kebutuhan material diproduksi di tiga lokasi strategis, yakni Makassar, Gresik, dan Pasuruan. 

Dia menyebutkan perseroan membuka kesempatan lebar untuk menerima permintaan dari Kalimantan dan bukan tidak mungkin akan membuka pabrik di sana guna memenuhi kebutuhan pembangunan di IKN

Adapun, dia menuturkan SIG terus berinovasi dalam menghasilkan produk yang ramah lingkungan dan efisien sebagai langkah konkret untuk mempercepat penyediaan hunian bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di IKN.

Upaya ini sekaligus menjawab tantangan pemerintah dalam menyediakan perumahan yang terjangkau, berkualitas, dan ramah lingkungan bagi ASN yang akan bertugas di IKN.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler