Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pinjaman Bank, BPD Kaltim Perketat Debitur Konstruksi

Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur Cabang Balikpapan ditargetkan dapat menyalurkan kredit sebesar Rp1,82 triliun sepanjang tahun ini.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI
Bisnis.com, BALIKPAPAN — Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur Cabang Balikpapan ditargetkan dapat menyalurkan kredit sebesar Rp1,82 triliun sepanjang tahun ini.
 
Kepala Cabang BPD Kaltim Cabang Balikpapan Muhammad Dayat mengatakan, target penyaluran kredit itu tumbuh 8,5% dari target penyaluran kredit pada tahun sebelumnya yang dipatok mencapai Rp1,22 triliun.
 
“Ada 18 sektor usaha yang kami biayai, tapi fokus utamanya tetap pada sektor konstruksi, disusul dengan kredit konsumtif, lalu sektor sosial budaya, hiburan, dan perorangan, sektor persewaan dan jasa perusaahaan, dan sektor perdagangan,” tutur Dayat kepada Bisnis, Selasa (23/2/2016).
 
Namun, dia mengatakan akan lebih selektif memilih debitur swasta pada sektor konstruksi. Sebab proyek pembangunan oleh pihak swasta yang bermasalah berkontribusi besar pada tingkat non performing loan sepanjang tahun.
 
Sebaliknya, untuk penghimpunan dana pihak ketiga, BPD Kaltim Cabang Balikpapan akan lebih menyasar dana simpanan dari pihak swasta.
 
Seperti yang diketahui, pemerintah baru saja mengeluarkan kebijakan mengenai konversi penyaluran dana bagi hasil dan dana alokasi umum dalam bentuk non tunai.
 
Sepanjang tahun ini, BPD Kaltim Cabang Balikpapan ditargetkan dapat menghimpun dana pihak ketiga sebesar Rp1,29 triliun.
 
“Untuk penghimpunan DPK, kami cenderung menyasar pihak swasta. Dana-dana pihak swasta masih banyak. Dengan adanya peraturan baru soal konversi itu, tidak cairnya DBH akan mempengaruhi penghimpunan DPK kami.”
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Yoseph Pencawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper