Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Realisasi Investasi Kalbar Kuartal III/2018 Turun

Realisasi investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) Kalimantan Barat mencapai Rp2,75 triliun pada kuartal III/2018.
Monumen Kalbar
Monumen Kalbar

Bisnis.com, JAKARTA -- Realisasi investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) Kalimantan Barat mencapai Rp2,75 triliun pada kuartal III/2018.

Hitungan ini turun sebesar 29,41% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu yang mencapai Rp3,89 triliun. 

Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kalbar Junaidi mengatakan, untuk realisasi PMDN senilai Rp1,76 triliun atau turun 30,47% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu mencapai Rp2,53 triliun. 

"Realisasi PMA sebanyak Rp990 miliar atau turun 27,46% atau sebanyak Rp1,37 triliun. Penurunan disebabkan oleh fluktuasi nilai tukar dolar AS dipicu kenaikan suku bunga Amerika Serikat dan penguatan dollar di pasar global," kata Junaidi dari siaran pers Pemprov Kalbar, Senin (19/11/2018). 

Selain itu, penyebab lainnya perang dagang Amerika Serikat dengan China serta negara lain membuat investor menahan wait and see untuk menunda realisasi investasi yang sudah direncana sehingga investasi turun. 

Junaidi mengutarakan, menurunnya realisasi investasi kuartal III/2018 akan menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah termasuk menarik investor kembali modal yang telah diinvestasikan melalui pasar modal ataupun pasar uang. 

Adapun realisasi investasi keseluruhan periode Januari-September 2018 sebesar Rp10,17 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper