12 Kementerian dan Lembaga Teken Percepatan KBM Tanjung Selor

12 kementerian dan lembaga akan menandatangani bersama percepatan pembangunan kota baru mandiri (KBM) Tanjung Selor, pada 20 Maret 2019.
Yanuarius Viodeogo | 06 Maret 2019 02:06 WIB
Masjid Kasimuddin di Bulungan, Kalimantan Utara. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie memastikan 12 kementerian dan lembaga akan menandatangani bersama percepatan pembangunan kota baru mandiri (KBM) Tanjung Selor, pada 20 Maret 2019. 


Adapun 12 kementerian itu adalah Menko Bidang Perekonomian, Menteri Dalam Negeri, Menteri PPN/Bappenas, Menteri Keuangan, Menteri ATR/Ka BPN, Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat, Menteri Lingkungan Hidup, Menteri Perhubungan, Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Menteri Pertanian, Menteri Komunikasi dan Informasi, dan Menteri Energi Sumber Daya Minera.


Irianto mengatakan, Kementerian dan Lembaga yang beraksi dalam tandatangan itu mendapatkan mandat dari Instruksi Presiden (Inpres) No. 9/2018 tentang percepatan KBM Tanjung Selor dan aksi yang akan dikerjakan dalam pembangunan KBM. 


"Kami dari Pemprov juga sudah bekerja cepat, salah satunya dalam hal penyiapan lahan. Pembebasan lahan untuk KBM Tanjung Selor sudah dilakukan sejak 2 tahun lalu.

Begitu pun dengan perizinan-perizinan dan dokumen perencanaannya semua sudah disiapkan, bahkan sebagian sudah selesai,” kata Irianto dari siaran pers Pemprov Kaltara, Selasa (5/3/2019).


Menurutnya, di Indonesia baru kali ini ada Inpres yang dikhusukan bagi satu daerah dilakukan banyak kementerian. "Inpres ini landasan hukum untuk mempercepat terwujudnya KBM Tanjung Selor.

Sejauh pengalaman saya di birokrasi, sekitar 35 tahun, baru kali ini ada Inpres yang dikhususnya bagi satu daerah. Biasanya berbentuk program nasional," katanya.  

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kota mandiri, kaltara

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top
Tutup