Kalbar Jadi Lokasi Modern Broadband Island Se-Kalimantan

Kalimantan Barat resmi ditunjuk sebagai Modern Broadband Island Kalimantan oleh PT Telkom Indonesia.
Yanuarius Viodeogo | 10 Mei 2019 23:33 WIB
Logo PT Telkom

Bisnis.com, JAKARTA -- Kalimantan Barat resmi ditunjuk sebagai Modern Broadband Island Kalimantan oleh PT Telkom Indonesia.

Hal merupakan bagian dari road map plan modernisasi akses internet PT Telkom Indonesia di Tanah Air. 

Direktur Network dan IT Solution Telkom Indonesia Zulhelfi Abidin mengatakaninfrastruktur fiber optic membuat masyarakat dapat menikmati akses internet dengan bandwidth hingga 100 Mbps. 

"Proses pembangunan fiberisasi pelanggan yang menggantikan kabel copper ke fiber menggunakan fiber to the home. Seluruh Kalimantan telah dilayani fiber optic meliputi 56 kabupaten kota," kata Zulhelfi dikutip dari siaran pers Pemprov Kalbar,  Jumat (10/5/2019). 

Zulhelfi menyebutkan untuk menghubungkan uplink ke seluruh Kalimantan itu maka dibangun kabel backbone sepanjang 8.977 kilometer kabel darat dan 6.314 kilometer kabel laut. 

Pada 2018 hingga 2019, di Kalimantan  Telkom menyelesaikan pembangunan di lokasi-lokasi terluar seperti di Kabupaten Malinau, Kabupaten Tanah Tidung, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Sukamara, Kabupaten Tanah Bumbu (Kotabaru), Kabupaten Kapuas Huku dan Kabupaten Mahakam Hulu. 

Gubernur Kalbar Sutarmidji berharap penguatan jaringan internet dan telekomunikasi tersebut bisa membantu tata kelola pemerintah yang lebih cepat, transparan, dan murah sehingga terjadi efisiensi anggaran. 

"Selain itu membantu terciptanya desa mandiri di Kalbar, kami mempunyai 2.031 desa. Saya yakin sekarang baru terakses 30 persen. Dengan ini bisa mempercepat tetapi kami meminta BTS jaringannya disebar," ujar Sutarmidji. 

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
telkom, kalbar

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top
Tutup