390 KK Transmigran Baru Bakal Hadir di Kaltara

Kalimantan Utara bakal menempatkan 390 kepala keluarga transmigran baru yang datang dari Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan penduduk setempat tersebar di sejumlah kabupaten.
Yanuarius Viodeogo
Yanuarius Viodeogo - Bisnis.com 03 Juni 2019  |  15:33 WIB
390 KK Transmigran Baru Bakal Hadir di Kaltara
Ilustrasi permukiman transmigrasi - Antara/Basri Marzuki

Bisnis.com, JAKARTA - Kalimantan Utara bakal menempatkan 390 kepala keluarga transmigran baru yang datang dari Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan penduduk setempat tersebar di sejumlah kabupaten.

Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltara Armin Mustafa mengatakan, penempatan warga transmigran tersebut akan terealisasi pada Oktober 2019 ini dan lokasi yang telah ditentukan berada di Sepunggur, SP 6B, dan SP 10 Tanjung Buka, Kecamatan Tanjung Palas Tengah.

"Sesuai data, [sekarang] sebanyak 11.728 KK menempati sejumlah wilayah di Kaltara dan mereka merupakan transmigran lokal dan dari luar pulau Kalimantan," kata Armin dari siaran pers Pemprov, Senin (3/6/2019).

Adapun 390 KK transmigran tersebut sebanyak 253 KK berasal dari Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Sisanya sebanyak 137 KK adalah transmigrasi penduduk setempat atau lokal.

Menurutnya, Pemprov bersama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) akan mengerahkan Tim Layak Huni.

Tim ini akan mengecek kesiapan lokasi calon penempatan transmigran seperti kelayakan rumah, jamban keluarga dan kebutuhan dasar lainnya terpenuhi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
transmigrasi, kaltara

Editor : Tegar Arief

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top