Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kaltara Alokasikan Dana Program PKRPL 2019

Pemprov Kalimantan Utara memastikan telah menyalurkan dana untuk kegiatan Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari (P-KRPL) untuk Kelompok Wanita Tani pada 2019 ini.
Yanuarius Viodeogo
Yanuarius Viodeogo - Bisnis.com 27 Juni 2019  |  00:22 WIB
Wanita Petani - ANTARA/Raisan Al Farisi
Wanita Petani - ANTARA/Raisan Al Farisi

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemprov Kalimantan Utara memastikan telah menyalurkan dana untuk kegiatan Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari (P-KRPL) untuk Kelompok Wanita Tani pada 2019 ini.

Adapun total dana terbagi dalam tahap dua yaitu bantuan tahap penumbuhan KRPL sebesar Rp1,05 miliar untuk 21 kelompok yang masing-masing kelompok memperoleh Rp50 juta.

Kelompok ini mencakup di Kabupaten Bulungan sebanyak 4 kelompok, Kabupaten Malinau ada 4 kelompok, Kabupaten Tana Tidung ada 4 kelompok dan Kabupaten Nunukan ada 9 kelompok.

Sementara itu bantuan tahap kedua adalah pengembangan KRPL mencapai Rp390 juta untuk setiap kelompok memperoleh Rp15 juta. Kelompok ini tersebar di Kota Tarakan sebanyak 4 kelompok. Kabupaten Bulungan ada 6 kelompok, Kabupaten Malinau ada 6 kelompok, Kabupaten Tana Tidung ada 4 kelompok dan Kabupaten Nunukan ada 6 kelompok.

Gubernur Irianto Lambrie mengatakan, berharap program ini bertujuan supaya kebutuhan gizi dan pangan keluarga sekaligus penghasilan keluarga terpenuhi.

"Sehingga ibu-ibu tidak perlu belanja harian lagi untuk memenuhi kebutuhan harian mereka dan tidak tergantung lagi pada harga pangan di pasar," ujarnya.

Pasalnya, lanjut Lambrie, sudah tersedia di halaman rumah masing-masing keluarga. Dana yang diberikan kepada kelompok mencakup kebun bibit, pengembangan pekarangan hingga pengolahan. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pangan kaltara
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top