Kaltara Alokasikan Dana Program PKRPL 2019

Pemprov Kalimantan Utara memastikan telah menyalurkan dana untuk kegiatan Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari (P-KRPL) untuk Kelompok Wanita Tani pada 2019 ini.
Yanuarius Viodeogo
Yanuarius Viodeogo - Bisnis.com 27 Juni 2019  |  00:22 WIB
Kaltara Alokasikan Dana Program PKRPL 2019
Wanita Petani - ANTARA/Raisan Al Farisi

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemprov Kalimantan Utara memastikan telah menyalurkan dana untuk kegiatan Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari (P-KRPL) untuk Kelompok Wanita Tani pada 2019 ini.

Adapun total dana terbagi dalam tahap dua yaitu bantuan tahap penumbuhan KRPL sebesar Rp1,05 miliar untuk 21 kelompok yang masing-masing kelompok memperoleh Rp50 juta.

Kelompok ini mencakup di Kabupaten Bulungan sebanyak 4 kelompok, Kabupaten Malinau ada 4 kelompok, Kabupaten Tana Tidung ada 4 kelompok dan Kabupaten Nunukan ada 9 kelompok.

Sementara itu bantuan tahap kedua adalah pengembangan KRPL mencapai Rp390 juta untuk setiap kelompok memperoleh Rp15 juta. Kelompok ini tersebar di Kota Tarakan sebanyak 4 kelompok. Kabupaten Bulungan ada 6 kelompok, Kabupaten Malinau ada 6 kelompok, Kabupaten Tana Tidung ada 4 kelompok dan Kabupaten Nunukan ada 6 kelompok.

Gubernur Irianto Lambrie mengatakan, berharap program ini bertujuan supaya kebutuhan gizi dan pangan keluarga sekaligus penghasilan keluarga terpenuhi.

"Sehingga ibu-ibu tidak perlu belanja harian lagi untuk memenuhi kebutuhan harian mereka dan tidak tergantung lagi pada harga pangan di pasar," ujarnya.

Pasalnya, lanjut Lambrie, sudah tersedia di halaman rumah masing-masing keluarga. Dana yang diberikan kepada kelompok mencakup kebun bibit, pengembangan pekarangan hingga pengolahan. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pangan, kaltara

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top