Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Dorong Peningkatan Ekonomi Keluarga di Banjarbaru

Komitmen PT Pertamina Persero melalui Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Syamsudin Noor dalam mendorong peningkatan ekonomi keluarga di Kota Banjarbaru dibuktikan.
Kelompok Wanita Tani (KWT) Rejeki Kartini binaan DPPU Syamsudin Noor berhasil membudiyakan tanaman kembang kol dan jahe merah di Kota Banjarbaru/Arief Rahman
Kelompok Wanita Tani (KWT) Rejeki Kartini binaan DPPU Syamsudin Noor berhasil membudiyakan tanaman kembang kol dan jahe merah di Kota Banjarbaru/Arief Rahman

Bisnis.com, BANJARBARU- Komitmen PT Pertamina Persero melalui Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Syamsudin Noor dalam mendorong peningkatan ekonomi keluarga di Kota Banjarbaru dibuktikan.

Kali ini perusahaan plat merah tersebut, Selasa (6/8/2019) meresmikan bantuan budidaya jahe merah dan kembang kol dari Kelompok Wanita Tani (KWT) Rejeki Kartini di Kelurahan Guntung Payung Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru. Ada pun bantuan yang diberikan sendiri meliputi penyiapan sarana irigasi, penyediaan bibit dan perlengkapan tanam serta pelatihan untuk anggota KWT Rejeki Kartini.

Kegiatan penyerahan bantuan sendiri terasa lengkap karena turut dihadiri oleh Wakil Walikota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan dan Ibu Hj Ririen Nadjmi Adhani selalu Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Banjarbaru.

“Bantuan pada budidaya jahe merah dan kembang kol tersebut diberikan karena Pertamina melihat potensi KWT Rejeki Kartini yang aktif melakukan kegiatan untuk meningkatan pendapatan keluarga melalui pemanfaatan lahan pekarangan melalui sistem hidroponik,” ungkap Operation Head DPPU Syamsudin Noor Aripto Sambubowo disela kegiatan.

Menurut dia penerapan sistem hidroponik yang efisien dalam penggunaan air bahkan sebenarnya juga sejalan dengan program konservasi energi yang juga dilaksanakan oleh DPPU Syamsudin Noor.

Dirinya menjelaskan Pertamina melalui DPPU Syamsudin Noor kepada KWT Rejeki Kartini sebenarnya sudah dilakukan sejak Tahun 2017 lalu dengan melakukan pembinaan kepada 19 orang KWT Rejeki Kartini melalui program pertanian hidroponik yang kini dilanjutkan dengan program budidaya jahe merah dan kembang kol.

“Dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat, diharapkan kedepannya budi daya jahe merah dan kol oleh KWT Rejeki mampu meningkatkan pendapatan masyarakat, khususnya anggotanya,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua KWT Rejeki Kartini Surtini mengatakan, bantuan Pertamina sangat membantu anggota KWT tidak hanya dalam menciptakan tambahan penghasilan bagi keluarga, namun juga dalam memancing ide kreatif anggota KWT untuk pengembangan usaha perkebunan.

“Untuk hasil perkebunan jahe merah ada yang dijual langsung dan ada juga yang diolah menjadi serbuk jahe merah sehingga memiliki nilai yang lebih tinggi” ujarnya.

Surtini juga menambahkan bahwa tidak hanya mengunggulkan budidaya jahe merah, kembang kol juga memiliki potensi yang bagus karena permintaan yang cukup tinggi.

“Hingga saat ini produk kembang kol yang kami budidayakan sudah berhasil dipanen sebanyak 9 kali” lanjutnya.

Dilain pihak, Wakil Walikota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Pertamina melalui pemberian piagam penghargaan atas kontribusi CSR DPPU Syamsudin Noor dalam meningkatkan kemandirian masyarakat.

“Saya juga berharap agar bantuan Pertamina dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat, sehingga dampaknya bisa dirasakan tidak hanya oleh anggota KWT namun oleh masyarakat lainnya,” imbuhnya.

Sekedar diketahui, DPPU Syamsudin Noor adalah fasilitas Pertamina untuk pengisian bahan bakar pesawat udara di bandara Syamsudin Noor yang terletak di Banjarbaru, Provinsi Kalsel.

Dengan kapasitas terpasang sebesar 2000 KL, DPPU Syamsudin Noor menyalurkan avtur sejumlah rata-rata 80 KL setiap harinya. Didukung dengan fasilitas 7 buah refueler untuk pengisian bahan bakar ke pesawat, saat ini DPPU Syamsudin Noor juga tengah fokus melayani penerbangan haji untuk Jemaah haji asal Kalsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arief Rahman
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper