Ade Rai Sosialisasikan Pola Hidup Sehat di Banjarmasin

Brand Ambasador Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ade Rai mengingatkan masyarakat Banua untuk bisa menerapkan pola hidup sehat dalam aktivitas kesehariannya.
Arief Rahman
Arief Rahman - Bisnis.com 06 Agustus 2019  |  20:12 WIB
Ade Rai Sosialisasikan Pola Hidup Sehat di Banjarmasin
Brand Ambasador BPJS Kesehatan Ade Rai saat memberikan materi tentang pola hidup sehat - Arief Rahman

Bisnis.com, BANJARMASIN- Brand Ambasador Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ade Rai mengingatkan masyarakat Banua untuk bisa menerapkan pola hidup sehat dalam aktivitas kesehariannya.

Hal tersebut diungkapkannya disela kegiatan Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional – Keluarga Indonesia Sehat (JKN-KIS) dan Pola Hidup Sehat, Selasa (6/8/2019) di Aula Rektorat Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin.

“Kenapa menerapkan pola hidup sehat dalam aktivitas keseharian itu penting. Hal ini karena dari 10 penyakit kronis yang ada di Indonesia sebagian besar diakibatkan oleh diri kita yang tidak menerapkan pola hidup sehat tersebut,” ungkapnya.

Dalam menerapkan pola hidup sehat sendiri Ade Rai menekankan pentingnya melakukan aktivitas olahraga setiap harinya. Hal ini bertujuan untuk dapat membakar gula dari makanan yang kita makan.

“Tidak perlu olahraga seperti kardio, cukup olahraga pengencangan otot saja sudah sangat membantu membakar gula. Olahraganya sendiri berupa plank, push up, squats hingga sit up,” katanya.

Kemudian selain olahraga otot dirinya mengatakan mengatur pola makan juga sangatlah penting untuk menjaga tubuh tetap ideal. Makan lah makanan sehat sambil menghitung kalorinya dan kurangi aneka camilan yang membuat kalori naik signifikan.

“Misalnya seperti mie instan saja itu kalorinya sebesar 300 kalori. Jika olahraga ringan hanya bisa membakar 5 kalori permenitnya. Maka baru sekitar 2 jam kita bisa membakar kalori dari mie instan yang dimakan tersebut,” ujarnya.

Dengan menerapkan pola hidup sehat Ade Rai meyakini selain bisa tampil percaya diri juga akan menjauhkan dari berbagai penyakit kronis seperti jantung, diabetes hingga hipertensi.

“Jadi iuran BPJSnya pun bisa dimanfaatkan oleh mereka yang lebih membutuhkan. Ini penting karena saat ini peserta BPJS Kesehatan sulit untuk tidak devisit karena sebagian besar pesertanya tidak menerapkan pola hidup sehat,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin Tutus Novita Dewi menambahkan, kegiatan ini merupakan upaya pihaknya dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat Banua akan pentingnya menerapkan pola hidup sehat dalam kesehariannya.

Kegiatan sendiri mengundang ratusan peserta yang terdiri dari mahasiswa, komunitas sepeda dan komunitas senam di Kota Banjarmasin. Hal ini dimaksudkan agar mereka bisa mensosialisasikan kembali pola hidup sehat kepada komunitas mereka.

“Dalam kesempatan ini kami juga turut mensosialisasikan program JKN-KIS kepada masyarakat Banua. Hal ini karena berdasarkan data yang kita miliki jumlah kepesertaan di Kalsel baru mencapai 71,2 persen dari jumlah penduduk. Angka ini jauh lebih rendah dari pencapaian nasional yang kepesertaannya sudah tembus hingga 83 persen,” pungkasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
banjarmasin, Ade Rai

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top