Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sebanyak 110 KK Transmigran Tiba di Kaltara

Pemprov Kalimantan Utara akan kedatangan 110 kepala keluarga (KK) dalam program transmigrasi di Kabupaten Bulungan pada Desember 2019 ini.
Yanuarius Viodeogo
Yanuarius Viodeogo - Bisnis.com 30 November 2019  |  11:08 WIB
Ilustrasi permukiman transmigrasi - Antara/Basri Marzuki
Ilustrasi permukiman transmigrasi - Antara/Basri Marzuki

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemprov Kalimantan Utara akan kedatangan 110 kepala keluarga (KK) dalam program transmigrasi di Kabupaten Bulungan pada Desember 2019 ini.

Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltara Armin Mustapa mengatakan para transmigran akan diberangkatkan langsung ke pemukiman transmigrasi di Satuan Pemukiman (SP 10) Tanjung Buka dan Pemprov Kaltara akan menjemput di Pelabuhan Malundung.

"Sebelum diberangkatkan, mereka sudah mendapatkan pelatihan keterampilan pertanian untuk mengolah lahan," kata Armin dari siaran pers Pemprov dikutip Bisnis, Sabtu (30/11/2019).

Di Bulungan lokasi transmigrasi terdapat rumah transmigran dan jamban keluarga, sarana air bersih dengan sistem sharing APBD dan untuk transportasi, penginapan, pembekalan dan lain-lain dibiayai daerah asal.

Sementara itu, jaminan hidup selama 18 bulan dan pelaksanaan transmigran lokal dibiayai oleh pemerintah pusat.

Pemprov Kaltara, imbuhnya, hanya sebagai fasilitator atau penghubung antara pemerintah kabupaten. Selain itu, pemerintah juga sedang menyiapkan kawasan transmigrasi di Kecamatan Tana Lia, Kabupaten Tana Tibung. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transmigran kaltara
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top