Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Corona Balikpapan: Kasus Positif Bertambah 3, 1 Tanpa Riwayat Perjalanan

Kasus positif Covid-19 atau penyakit akibat virus Corona di Balikpapan, Kalimantan Timur, bertambah 3. Total ada 15 kasus, meninggal dunia 1 orang.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 31 Maret 2020  |  18:13 WIB
Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi saat mengumumkan perkembangan penanganan kasus virus Corona - Bisnis/Jaffry Prabu Prakoso
Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi saat mengumumkan perkembangan penanganan kasus virus Corona - Bisnis/Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Kasus positif Covid-19 atau penyakit akibat virus Corona di Balikpapan, Kalimantan Timur, bertambah 3. Total ada 15 kasus, meninggal dunia 1 orang.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan kasus baru tersebut berasal dari hasil Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya.

“Ada 30 laporan yang kami terima. Bahwa 27 sampel negatif sedangkan 3 lainnya positif,” kata Rizal di Kantor Wali Kota, Selasa (31/3/2020).

Rizal menjelaskan dari riwayat ketiga orang yang dinyatakan positif tersebut terdapat pasien yang baru pulang bertugas di Jawa Barat. Pasien kedua sebelumnya mendapat kunjungan orang tuanya dari Lampung saat dia berada di Jakarta.

“Yang terakhir belum diketahui. Riwayat perjalanan tidak ada tapi kontak erat sedang kami cari,” jelas Rizal.

Kasus itu disebut sebagai transmisi lokal, karena pria tersebut tidak pergi ke manapun.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Andi Sri Juliarty menjelaskan melacak transmisi lokal agak sulit karena harus menelusuri kembali ke mana saja dia pergi selama 14 hari terakhir. Saat ini timnya sedang menggali informasi lebih mendalam.

“Dia datang dengan keluhan sakit sesak napas dan datang sendiri ke puskesmas. Diisolasi sejal 23 Maret,” kata Andy.

Berdasarkan laporan terbaru, terdapat 37 kasus warga Balikpapan yang berada dalam obvervasi rumah sakit atau pasien dalam pengawasan (PDP). Sementara itu warga yang sedang menjalani observasi rumah atau orang dalam pengawasan (ODP) total 1.506. Sedangkan warga yang selesai menjalani karantina 14 hari sebanyak 242 orang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

balikpapan Virus Corona
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top