Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BNI Balikpapan Siapkan Rp10 Miliar Uang Lebaran, Masih Ada Rp3 Miliar

Dari awal puasa nasabah yang sudah menukar uang sampai dengan hari ini Rp7 miliar.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 15 Mei 2020  |  18:44 WIB
Ilustrasi. - Antara/Ahmad Subaidi
Ilustrasi. - Antara/Ahmad Subaidi

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Bank Indonesia Perwakilan Balikpapan menyiapkan uang periode Ramadan dan Idul Fitri di Balikpapan, Penajam Paser Utara, dan Paser sebesar Rp1,95 triliun. Pembagiannya ke masyarakat sesuai dengan kebutuhan masing-masing bank umum.

Kepala Cabang PT BNI (Persero) Balikpapan, Bintara mengatakan bahwa entitasnya menyediakan uang untuk penukaran pada Ramadan tahun ini sebesar Rp10 miliar. Sementara realisasi tahun lalu Rp20,32 miliar.

“Dari awal puasa nasabah yang sudah menukar uang sampai dengan hari ini Rp7 miliar. Sehingga sisa uang Rp3 miliar. Kalau nanti kurang, akan kami ambilkan lagi ke BI,” katanya saat dihubungi, Jumat (15/5/2020).

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Bino Epyanto menjelaskan bahwa dari uang yang disediakan, hingga 13 Mei penarikan yang dilakukan perbankan baru mencapai Rp487 miliar atau 25 persen dari Rp1,95 triliun yang disiapkan.

“Dengan kondisi saaat ini, kami melihat ternyata permintaaan perbankan lebih rendah. Sehingga kami perkirakan sampai berakhirnya Ramadan, sepertinya angka realisasi penarikan lebih rendah dari Rp1,95 triliun,” jelasnya.

Jumlah Rp1,95 triliun tersebut meningkat 9,4 persen dibandingkan realisasi tahun tahun lalu sebesar Rp1,78 triliun.

Uang yang disediakan ini sedikit lebih rendah dari proyeksi awal. Sebelum adanya pandemi Covid-19 atau virus Corona, BI Balikpapan memperkirakan kebutuhan masyarakat sebesar Rp2,3 triliun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

balikpapan Mudik Lebaran
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top