Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Penumpang Bandara Tjilik Riwut di Palangka Raya Melonjak

Bandara Tjilik Riwut di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, mengalami lonjakan penumpang ketika libur panjang pada akhir bulan lalu.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 04 November 2020  |  00:52 WIB
Bandara Tjilik Riwut di Palangka Raya, Kalimantan Tengah./Antara - Puspa Perwitasari
Bandara Tjilik Riwut di Palangka Raya, Kalimantan Tengah./Antara - Puspa Perwitasari

Bisnis.com, PALANGKA RAYA – Pada libur panjang akhir bulan lalu, terdapat lonjakan jumlah penumpang di Bandara Tjilik Riwut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, berdasarkan evaluasi PT Angkasa Pura II.

"Selama masa libur akhir Oktober, pada 28 Oktober sampai 1 November, jumlah penumpang meningkat cukup signifikan," kata Eksekutif General Manager (EGM) Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Tjilik Riwut Siswanto di Palangka Raya pada Selasa (3/11/2020).

Aktivitas operasional atau jumlah penumpang di bandara itu meningkat hingga 50 persen lebih. Jika saat pandemi jumlah penumpang hanya berkisar 800-900 penumpang per hari, saat libur akhir Oktober jauh meningkat.

Siswanto memaparkan pergerakan jumlah penumpang tertinggi terjadi pada Rabu (28/10) atau arus berangkat dan Minggu (1/11) atau arus balik yang jumlahnya mencapai hingga 1.550 penumpang per hari.

"Jumlah itu sekitar 62 persen dari jumlah penerbangan normal sebelum masa pandemi Covid-19 yang biasanya 2.500–2.700 penumpang per hari," jelasnya.

Beberapa maskapai penerbangan juga menambah satu frekuensi penerbangan rute Palangka Raya–Surabaya yaitu Lion Air, sedangkan Garuda Indonesia untuk rute penerbangan Jakarta–Palangka Raya.

Sesuai dengan slot penerbangan yang dikeluarkan pihak bandara, Wings Air membuka penerbangan tambahan atau ekstra flight rute Balikpapan-Palangka Raya-Pontianak, namun berdasarkan laporan di lapangan penerbangan tersebut batal karena belum optimalnya jumlah penumpang.

Dia memaparkan selama pandemi ini, pihaknya tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan di area bandara di antaranya memastikan seluruh petugas dan staf bandara melakukan tes cepat serta mengenakan alat pelindung diri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kalimantan tengah bandara tjilik riwut

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top