Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRI Cabang Samarinda Salurkan KUR Rp388,76 Miliar di Awal 2021

Selain itu, untuk KUR Desember 2020 telah tersalur senilai Rp374,12 milyar dengan 20.332 debitur.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, SAMARINDA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Samarinda telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) mencapai Rp388,76 miliar pada Januari 2021.

Kepala Cabang BRI Samarinda Triwidi Atmoko menyatakan KUR tersebut disalurkan kepada 20.750 debitur. "Itu data yang sekarang tersalur di masyarakat," ujarnya, Rabu (24/2/2021).

Selain itu, untuk KUR pada Desember 2020 telah tersalur senilai Rp374,12 milyar dengan 20.332 debitur. Kemudian, dia menambahkan saat ini pihaknya juga melayani KUR dengan cakupan Supermikro, selain kategori KUR Kecil dan KUR Mikro.

"KUR Kecil itu maksimal pinjaman hingga 500 juta, KUR mikro 50 juta dan KUR Super Mikro maksimal kredit mencapai 10 juta," katanya.

Dia mengungkapkan bahwa selama pandemi pihaknya tidak melakukan penghentian kredit khususnya kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dimana, hal tersebut dinilai sangat berpengaruh kepada UMKM.

"Memang yang bisa kita realisasikan tidak sebanyak periode sebelumnya," ungkapnya.

Triwidi menuturkan bahwa pada pada Maret dan April 2020 sempat melalukan wait and see mengingat saat itu perbankan terkena imbas langsung Covid-19. Akibatnya, banyak restrukturisasi kredit dilakukan yang didukung kebijakan dari regulator.

"Secara keseluruhan kredit di perbankan naik. Kenaikan 12-13 persen dibanding 2019," tuturnya.

Dia menyebutkan hal tersebut tentu menjadi katalis kur Supermikro, yang beriringan dengan pemerintah. "Sesuai dengan managemen BRI pusat, kita mempunyai motto yaitu go faster, go smaller, dan go shorter," sebutnya.

Dengan motto tersebut, dia menjelaskan bahwa pihaknya akan menjangkau ceruk pasar yang bukan hanya mikro, tapi jauh lebih kecil seperti toko toko sembako, grosiran.

Selanjutnya, proses KUR akan lebih cepat dengan waktu yang singkat, karena dapat diakses melalui gawai masing-masing dan koneksi internet. Selain itu, juga mencakup KUR untuk sektor energi, sektor pangan, dan sektor kesahatan.

Adapun, BRI juga memberikan solusi di tengah pandemi kepada masayarakat yang tidak berani bepergian ke pasar. "Jadi ada kepasar.id, bisa diorder di situ langsung, jadi admin nya sebagai perantara antara pedagang dan pembeli. Penyedia jasa kurirnya, ojol yang mangkal di dekat pasar," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper