Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tak Berorientasi PAD, Balikpapan Tutup Fasilitas Pariwisata

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan Dortje Marpaung menyatakan pihaknya hanya ingin mengantisipasi bertambahnya penularan Covid-19 klaster objek wisata.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 18 Mei 2021  |  19:28 WIB
Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.  - Antara/Novi Abdi
Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. - Antara/Novi Abdi

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan menyatakan penutupan pariwisata tidak berorientasi pada pendapatan asli daerah (PAD).

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan Dortje Marpaung menyatakan pihaknya hanya ingin mengantisipasi bertambahnya penularan Covid-19 klaster objek wisata.

“Meskipun kita prihatin dari sudut PAD nya, mudah-mudahan kita bisa recovery perlahan tapi pasti yang penting masyarkat menyadari kalau mematuhi aturan pemerintah dan mengurangi penularan covid, bisa mempercepat perkembangan pariwisata lebih dinamis,” ujarnya, Selasa (18/5/2021).

Selain itu, Dortje mengatakan penurunan pendapatan sektor pariwisata disebabkan jumlah kunjungan yang menurun dratis.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Kota Balikpapan jumlah kunjungan perbulan di pantai Manggar mencapai 7.559 orang pada Januari 2021.

Kemudian, dia mengungkapkan bahwa pada Februari hanya berkisar 2.935 orang. Namun, kembali mengalami peningkatan di bulan Maret sebanyak 19.813 orang dan April sebanyak 19.401 orang.

“Jadi memang fluktuatif jumlah kunjungan orang ke pantai Segara Sari Manggar. Bulan Februari lalu jumlah pengunjung kurang dari 3.000 orang,” ungkapnya.

Selama pandemi Covid-19, pendapatan sektor pariwisata tertinggi rata-rata hanya Rp16 juta dalam sepekan untuk Pantai Segara Sari Manggar.

Padahal, sebelum pandemi pendapatan rata-ratanya mencapai Rp80 juta hingga Rp 90 juta sepekan.  “Saya kira kita terus bergerak di unsur-unsur pariwisata yang bisa kita dorong di Balikpapan,” pungkasnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemkot balikpapan PARIWISATA
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top