Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengusaha Kaltim Ekspor Perdana Arang Halaban Ke Kanada

Direktur Utama PT Masa Genah Group Widya Hana Sofia menyatakan pihaknya melakukan proses muat barang ke kontainer (stuffing) dari Terminal Peti Kemas (TPK) Palaran, Kota Samarinda.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, SAMARINDA – Pelaku usaha ekspor di Kalimantan Timur berhasil melakukan ekspor perdana komoditas arang kayu halaban ke pasar Kanada.

Direktur Utama PT Masa Genah Group Widya Hana Sofia menyatakan pihaknya melakukan proses muat barang ke kontainer (stuffing) dari Terminal Peti Kemas (TPK) Palaran, Kota Samarinda.

"Dari Palaran kita clear-kan dokumen-dokumennya, jadi sampai Surabaya tinggal pindah vessel saja," ujarnya, Selasa (5/10/2021). 

Dia menambahkan, proses pengangkutan sebanyak dimulai dari pukul 16.00 WITA hingga depo spill di TPK Palaran pada pukul 17.30 WITA.  

"Barang dari Surabaya langsung dikirim Ke Vancouver, Kanada," katanya.

Ekspor yang mencapai Rp300 juta tersebut, kata Widia, telah mendapat kontrak volume sebesar 1.000 metrik ton. “Satu bulan itu kita bisa kirim beberapa kontainer, mungkin empat sampai lima kontainer gitu sih. Jadi sampai terpenuhi kontrak itu senilai 1.000 Metric Ton,”  terangnya.

Widia mengungkapkan bahwa, komoditas tersebut merupakan hasil produksi dengan Bumdes di beberapa kabupaten/kota di Kaltim.

“Jadi kami bermitra dengan Bumdes, Bumdes tersebut sebagai produsen, kami sebagai eksportirnya. Sekalian mengenalkan komoditi lokal yang ke dunia,” terangnya

Adapun, dia menuturkan bahwa dalam waktu dekat, pihaknya akan kembali melakukan ekspor langsung komoditas lada hitam yang berasal dari Kaltim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper