Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Indonesia: Ketersediaan Uang Tunai di Kaltim Rp4,02 Triliun Jelang Lebaran

Kepala KPwBI Kaltim Ricky P Gozali menyatakan, jika dibandingkan dengan realisasi tahun sebelumnya jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar Rp536 milyar atau setara dengan 15,37 persen (yoy).
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur (KPwBI Kaltim) dan Bank Indonesia Balikpapan menyiapkan uang tunai sebesar Rp4,02 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang diprakirakan akan meningkat jelang lebaran.

Kepala KPwBI Kaltim Ricky P Gozali menyatakan jika dibandingkan dengan realisasi tahun sebelumnya jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar Rp536 miliar atau setara dengan 15,37 persen (yoy).

“Peningkatan ini didorong oleh konsumsi rumah tangga masyarakat yang berlangsung kembali normal seiring dengan peningkatan mobilitas masyarakat dan pencairan bantuan langsung tunai oleh pemerintah,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (11/4/2022).

Dia menjelaskan, uang tunai yang disiapkan tersebut terdiri dari Rp329 miliar Uang Pecahan Kecil (UPK) dan Rp3,69 triliun Uang Pecahan Besar (UPB) atau Uang Pecahan Besar (UPB) sebesar 91,79 persen dan sisanya Uang Pecahan Kecil (UPK) sebanyak 8,20 persen.

“Penyediaan uang tunai tersebut telah mempertimbangkan berbagai asumsi makroekonomi terkini dan proyeksi perekonomian ke depan,”  jelasnya.

Adapun, Ricky mengajak masyarakat untuk berperilaku belanja bijak sesuai kebutuhan, berhemat, dan merawat rupiah guna mendorong kesadaran masyarakat untuk semakin Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah.

Sebagai informasi, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menyambut Ramadhan, secara nasional Bank Indonesia menyediakan uang tunai sebesar Rp175,26 triliun atau naik 13,42 persen dari tahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper