Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dampingi Calon Jemaah Haji, DKK Balikpapan Lakukan Tes Kebugaran dan Vaksinasi

Kepala DKK Balikpapan Andi Sri Juliarty menyatakan telah mendampingi untuk persiapan kesehatan calhaj seperti, melakukan tes kebugaran di Balikpapan Islamic Centre, vaksinasi hepatitis dan meningitis.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 30 Mei 2022  |  17:35 WIB
Umat Muslim mengelilingi Kabah di Mekah, Arab Saudi. - Bloomberg
Umat Muslim mengelilingi Kabah di Mekah, Arab Saudi. - Bloomberg

Bisnis.com, BALIKPAPAN ––  Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan melakukan pendampingan kepada calon jemaah haji (calhaj) guna memastikan persiapan keberangkatan ke Tanah Suci berjalan lancar.

Kepala DKK Balikpapan Andi Sri Juliarty menyatakan telah mendampingi untuk persiapan kesehatan calhaj seperti, melakukan tes kebugaran di Balikpapan Islamic Centre, vaksinasi hepatitis dan meningitis.

“Termasuk juga saat akan masuk ke embarkasi, petugas dari kami akan membantu sebagian tes PCR kepada seluruh jamaah,” ujarnya, Senin (30/5/2022).

Sebelum, sebanyak 239 calhaj telah mengikuti tes kebugaran yang dibagi ke dalam dua termin dengan menerapkan dua metode, yaitu Six Minute Walking Test dan Rockport Walking Test.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan A. Johan Marpaung menyatakan calhaj asal Kota Balikpapan agar tidak terpengaruh dengan informasi bohong atau hoaks yang beredar tentang penundaan keberangkatan haji 2 tahun ini akibat pandemi Covid-19.

“Kami mengingatkan kepada Bapak/Ibu semua untuk jangan mudah termakan isu atau informasi hoax yang belum jelas. Mari tabayyun dulu terhadap berita yang kita terima mengenai pemberangkatan haji. Jadi kita tidak diresahkan oleh berita yang beredar dan pastikan berita itu berasal dari Kementerian Agama, khususnya di Kota Balikpapan,” kata Johan.

Dia menambahkan, saat ini pemerintah masih harus menunggu keputusan dari otoritas Arab Saudi terkait pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

Oleh karena itu, kegiatan vaksinasi tahap merupakan langkah awal dalam mempersiapkan diri untuk keberangkatan calhaj jika nantinya ibadah haji tahun ini dilaksanakan.

"Pada dasarnya pemerintah melalui Kementerian Agama telah siap untuk memberangkatkan calon jamaah haji dari Indonesia, namun pemerintah masih harus menunggu keputusan dari otoritas Arab Saudi untuk pelaksanaan ibadah haji tahun ini," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

balikpapan Ibadah Haji
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top