Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DPMPTSP Kota Bontang Harap BKPM Beri Kemudahan Promosi Investasi

Kepala DPMPTSP Bontang, Asdar Ibrahim menyatakan portal dibuat untuk mengakselerasi kehadiran investasi, baik dari Penanaman Modal Asing (PMA) maupun Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sekaligus memudahkan pemerintah daerah dalam melakukan promosi investasi yang lebih efektif dan efisien.
Ilustrasi portofolio investasi/Freepik
Ilustrasi portofolio investasi/Freepik

Bisnis.com, BALIKPAPAN ––  Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bontang berharap adanya portal khusus yang memuat daftar investor.

Kepala DPMPTSP Bontang Asdar Ibrahim menyatakan portal dibuat untuk mengakselerasi kehadiran investasi, baik dari Penanaman Modal Asing (PMA) maupun Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sekaligus memudahkan pemerintah daerah dalam melakukan promosi investasi yang lebih efektif dan efisien.

“Kita kadang jalan sendiri terkait mencari mitra bisnis dalam bentuk investor yang harus masuk ke wilayah kita. Kami ingin satu portal aplikasi yang tidak hanya dibagikan di kabupaten/kota di Kaltim tapi juga seluruh Indonesia,” ujarnya kepada Bisnis, Rabu (8/6/2022).

Menurutnya, ketersediaan portal itu akan memudahkan untuk mengetahui profil investor yang tertarik pada sektor tertentu.

“Untuk investasi akan lebih lancar dan dinamis. Kalau available datanya investor, saya kira tinggal teman-teman di daerah yang menyesuaikan mana yang cocok,” terang Asdar.

Dia menambahkan, Pemkot Bontang saat ini membutuhkan investor untuk pengembangan pelabuhan, pergudangan bahan pokok, pabrik pengolahan hasil laut karna Bontang 70 persen laut,

Kemudian, pengembangan rumput laut dari bahan baku yang disediakan kelompok tani lokal menjadi keregenan.

“Kami butuh investor yang sama-sama bergandengan, dengan data yang tersedia cepat dan bisa diakses anytime. Karna kalau cari sendiri kita sih bisa tapi apa iya kredibilitasnya, kalu masuk di BKPM itu sudah bisa teruji, itu intinya,” jelas Asdar.

Selain itu, Asdar menjelaskan pihaknya juga membutuhkan investor dalam sektor hilirisasi soda ash seperti, pabrik kaca, soda kue, dan pabrik mi.

Sementara itu, Kepala Subdirektorat (Kasubdit) Industri Logam Mesin Tekstil dan Aneka Kementerian Investasi/BKPM Yanti Kumalandari menyatakan pihaknya akan berupaya melakukan koordinasi dengan menyiapkan portal tersebut,

Namun demikian, dia menuturkan bahwa hal itu menemui kendala ketika ada investor yang tidak ingin dipublikasikan.

“Karena tidak semua perusahaan mau di sebar ke publik, ini masukan bagus buat kami,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper